25 radar bogor

Ratusan Siswa SMPN 16 Bogor Jalani Screening, Deteksi Dini Kesehatan

SMPN 16 Bogor
Proses pemeriksaan kesehatan atau screening di SMPN 16 Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah (Screening) adalah salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin. Seperti yang dilakukan di SMPN 16 Bogor.

Baca Juga : Program PUSPA Terus Digeber, Puskesmas Cibinong Gerilya Hingga Tingkat Kelompok Arisan

Petugas kesehatan dari Puskesmas Kayumanis Tanah Sareal, melakukan screening secara menyeluruh terhadap siswa Kelas 7 dan 8 SMPN 16 Bogor, selama dua hari 10-11 Oktober 2022. Total ada 670 siswa yang menjalani screening.

Adapun proses rangkaian screening meliputi pemeriksaan kesehatan mulai dari status gizi yang meliputi berat badan (BB), Tinggi Badan (TB), kesehatan gigi dan mulut, tes warna, ketajaman indera penglihatan dan pendengaran.

Kegiatan screening ini dilakukan satu tahun sekali sudah menjadi program Puskesmas, tujuannya untuk mendeteksi dini kesehatan siswa dan menilai perkembangan kesehatan siswa.

“Apabila ditemukan suatu masalah kesehatan yang membutuhkan penanganan lebih lanjut, maka tindakan lanjut dari penjaringan kesehatan ini adalah dengan melakukan rujukan peserta didik ke Puskesmas di area tempat tinggal atau area sekolah,” tutur Fitri Jayanti Ketua Pelaksana Program Ausrem di SMPN 16 Bogor. (*/ysp)

Editor : Yosep