25 radar bogor

Kemenag Buka Pendaftaran Petugas Pembimbing Haji Lebih Awal

ilustrasi manasik haji

JAKARTA- RADAR BOGOR- Kementrian Agama (Kemenag) berencana menggelar seleksi petugas pebimbing ibadah haji 1444/2023 M lebih awal. Tujuannya, agar mereka bisa ikut terlibat dalam proses bimbingan manasik haji jamaah

“Peningkatan kualitas bimbingan manasik haji menjadi concern Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Menag bahkan minta agar rekrutmen pembimbing ibadah dilakukan lebih awal,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief kepada wartawan, Rabu (12/10/2022).

Baca Juga : Siswa Raudhatul Athfal Ikuti Manasik Haji di The Jungle Waterpark

“Tujuannya, agar para petugas bisa terlibat dalam manasik dan proses pemberian bimbingan jemaah haji lebih maksimal,” sambungnya.

Hilman menegaskan, ke depan pihaknya akan menambah jumlah pembimbing ibadah haji perempuan. Menurutnya, mayoritas jamaah haji Indonesia dari tahun ke tahun adalah kaum hawa. Semestinya mereka mendapat pembimbing ibadah dari kalangan perempuan agar lebih efektif.

“Pembimbing perempuan akan lebih ditingkatkan kuantitasnya,” jelasnya.

Hilman meminta jajaran Ditjen PHU duduk bersama dengan Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (FK KBIHU) untuk menyelaraskan program bimbingan manasik haji. “Transformasi digital dalam bimbingan manasik haji seyogyanya sudah mulai diterapkan. Kita perlu usahakan untuk memberikan bimbingan manasik yang menyenangkan, tidak membosankan,” jelas Hilman.

Baca Juga : Dukung Pendidikan Usia Dini, The Jungle Siapkan Fasilitas Manasik Haji

Kepada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang sudah menjalin sinergi dengan Kemenag, Hilman minta untuk kembali mengintensifkan sertifikasi pembimbing manasik haji. Hilman mengatakan bahwa Sertifikasi pembimbing ibadah merupakan amanat undang-undang. Dia berkomitmen untuk menguatkan regulasi teknis terkait sertifikasi dari Keputusan Dirjen PHU menjadi Peraturan Menteri Agama (PMA).(jpg)

Editor : Yosep/Riadil-ppl