25 radar bogor

Bincang Buku “Tetes Cantingku di Kota Hujan” Bersama Handayani Geulis

Handayani Geulis Batik Bogor melaksanakan acara “Bincang Buku Tetes Cantingku di Kota Hujan” di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Rabu (12/10/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Handayani Geulis Batik Bogor melaksanakan acara “Bincang Buku Tetes Cantingku di Kota Hujan” di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Rabu (12/10/2022).

Baca Juga : Sambut Hari Batik Nasional, Owner Handayani Geulis Batik Bogor Komitmen Beri Edukasi

Perhelatan ini diadakan dalam rangka hari Batik Nasional yang jatuh setiap bulan Oktober sekaligus meluncurkan buku yang menceritakan tentang perkembangan Batik Bogor hasil karya Sri Ratna Handayani selaku pemilik Handayani Geulis Batik Bogor.

Dewi Murwaningrum selaku Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti menyambut baik terlaksananya acara ini, dimana bertepatan juga dengan Hari Museum Indonesia yang jatuh pada 12 Oktober 2022. “Kami senang dengan adanya acara seperti ini berarti Balai Kirti lebih terbuka untuk masyarakat,” tuturny.

Turut hadir dalam acara ini, Yane Ardian selaku Ketua Dekranasda Kota Bogor, ia bicara tentang wanita sebagai sosok yang berjuang memajukan bangsa Indonesia. Khususnya batik, karena ia melihat perkembangan pengrajin batik di Kota Bogor sangat pesat, seperti Handayani Geulis Batik Bogor yang konsisten mengembangkan motif-motif Bogor yang memiliki filosofi.

“Ketika saya melihat judul buku ‘Tetes Cantingku di Kota Hujan”, saya melihat konsistensi selama sepuluh tahun terakhir, bisa dilihat dari semua motif dan karyanya yang bercerita tentang Bogor. Saya berharap konsistensi ini bisa menjadi budaya di Jawa Barat,” ujar Sendy Dede Yusuf, Ketua Yayasan Batik Jawa Barat, dalam sambutannya. 

“Saya senang bisa berbicara di sini sebagai pembatik, seniman batik wanita, terima kasih atas support keluarga dan tim Handayani Geulis Batik Bogor,” ujar Ratna Handayani.

Ikut memeriahkan  acara  ini, Tari Batik & Tari Mojang dari Kagama Beksan Bogor, pertunjukan angklung oleh Komunitas Cinta Berkain Kota Bogor, serta pertunjukan pantomim oleh Lain Kata. (*)