25 radar bogor

10 Pemandu Lagu THM di Kemang Reaktif HIV/AIDS

Pemandu Lagu
Petugas saat melakukan pemeriksaan kesehatan pengunjung hingga pemandu lagu tiga THM di Kemang, Selasa (11/10/2022) malam.

KEMANG – RADAR BOGOR, Pemerintah Kecamatan Kemang bersama Satpol PP dan petugas Pukesmas, melakukan pemeriksaan kesehatan pengunjung hingga pemandu lagu di tiga THM, Selasa (11/10/2022) malam.

Baca Juga : Satpol PP Tegaskan Penyegelan THM di Kemang Sesuai Prosedur

Dari total 59 orang yang diperiksa ada 10 di antaranya reaktif HIV/AIDS. Kesepuluh orang yang reaktif HIV/AIDS adalah pemandu lagu.

Camat Kemang Rameni mengatakan, kegiatan tes kesehatan ini akan terus dilakukan secara rutin untuk meminimalisir penyebaran penyakit HIV/AIDS terhadap pelaku usaha dan pengunjung cafe malam.

“Malam ini mendapatkan 10 orang pemandu lagu reaktif, tapi belum tentu HIV/AIDS dan akan diperiksa kembali oleh Puskesmas Kemang,” jelasnya.

Senada dikatakan Kasi Trantib Satpol PP Kemang Yazidil Bustomi. Pihaknya bersama tim kesehatan Kemang  melakukan giat tiga titik THM yakni di Blok Yuli, Empang, dan King Karaoke.

“Ini sifatnya lebih ke pemeriksaan kesehatan dari usia mereka minimal 17 maksimal 40. Ada yang reaktif usai dicek kesehatannya, semuanya perempuan,” kata pria yang disapa Tomi itu.

Menurut tim kesehatan program penanggulan HIV, reaktif belum tentu positif tapi mereka kembali dites untuk dipastikan kondisinya.

“Kita akan terus gencar pemeriksaan kesehatan ke THM, kontrakan termasuk perempuan yang kerap mangkal di pinggir jalan,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, patroli dan sidak malam sasarannya bagi wanita malam dan karyawan THM yang ada di Wilayah Kecamatan Kemang.

“Hasil yang diperiksa di Blok Yuli ada 30 orang, Blok Empang 13 orang, King Karaoke 16 orang,” ungkapnya.

Baca Juga : Berdiri Lagi, Bangunan THM Liar di Kemang Kembali Dibongkar

Sementara Perwakilan Tim Kesehatan Puskesmas Kemang Farida menuturkan, tim gabungan sudah melakukan pemeriksaan ke 59 orang dan mendapatkan 10 di antaranya reaktif.

“Nanti 10 orang yang reaktif akan dilanjutkan ke pemeriksaan selanjutnya hari Kamis (13/10/2022_ ini untuk memastikan kondisinya,” katanya. (abi)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep