25 radar bogor

Mengenal Happy Gow, Srikandi Cantik Brompton dari Bogor

Happy Gow
Happy Gow, komunitas asal Kota Bogor ini sepenuhnya beranggotakan wanita-wanita yang memiliki hobi serupa yakni gowes atau bersepeda. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Tren olahraga sepeda semakin menjamur di masyarakat. Bukan cuma kaum adam, demam gowes saat ini juga menjangkit kaum wanita. Happy Gow jadi salah satu buktinya.

Baca Juga : Seniman Bogor Poles Batu Sungai Ciliwung Jadi Karya Seni Tinggi

Komunitas asal Kota Bogor ini sepenuhnya beranggotakan wanita-wanita yang memiliki hobi serupa yakni gowes atau bersepeda.

Komunitas Happy Gow ini rutin memacu sepedanya di sekitaran wilayah Kota dan Kabupaten Bogor. Rute-rute bertemakan alam yang sejuk dipenuhi pepohonan jadi pilihan favoritnya.

Happy Gow juga acap kali berpartisipasi dalam event-event sepeda di wilayah Jabodetabek. Salah satu event yang pernah diikuti ialah Tugu ke Tugu. Mereka pernah bersepeda dari Tugu Kujang ke Tugu Monas dengan jarak sekira 100 kilometer.

Komunitas yang beranggotakan belasan perempuan dari berbagai profesi ini pun acapkali jadi sorotan. Mereka tak pernah gagal menarik perhatian setiap pasang mata yang dilewatinya. Bagaimana tidak, tampilan sporty dan trendy warna-warni menjadi ciri khas komunitas ini.

Sepeda yang digunakan pun bukan kaleng-kaleng. Sepeda lipat berharga belasan hingga puluhan juta keluaran negara Inggris, Brompton jadi tunggangan para personel Happy Gow.

Koordinator Happy Gow, Rini Djoko menuturkan tujuan dibuat komunitasnya tersebut sebagai wadah kaum perempuan yang ingin mencari kesenangan lewat bersepeda.

“Dinamakan Happy Gow karena untuk happy-happy aja. Kita tidak pernah menetapkan target tertentu ketika gowes, yang penting happy,” ucapnya.

Ia mengatakan, banyak manfaat yang dirasakannya semenjak bergabung dengan komunitas. Selain menjadi lebih sehat, kegiatan kumpul bersama yang sering dilakukan menjadi ajang sharing dan bertukar pengalaman serta memperluas jaringan.

“Karena kita setiap abis gowes suka ngumpul dulu, makan-makan atau ngopi. Paling suka di sini (Tanmu Coffee) karena sudah buka meskipun masih pagi,” ucap Rini.

Baca Juga : Selain Fashion Show, Kini SCBD jadi Ajang Seniman Unjuk Gigi

Komunitas yang didirikan pada Oktober tahun lalu ini juga aktif menggelar kegiatan sosial seperti memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah yang ada di sekitar wilayah Kota Bogor.

Ke depan Rini dan kawan-kawan akan menjajaki tempat-tempat di Yogyakarta. Hal ini dilakukannya untuk memperingati hari jadi pertama komunitas Happy Gow. (cr1/mg1/mg2)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep