25 radar bogor

Program PUSPA Terus Digeber, Puskesmas Cibinong Gerilya Hingga Tingkat Kelompok Arisan

Salah satu kegiatan tim Puskesmas dalam program PUSPA.

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat melalui program Puskesmas Terpadu dan Juara (PUSPA) mengunjungi Kabupaten Bogor, Selasa (4/10) hingga Rabu (5/10). 

Kunjungan ini dilakukan dengan fokus pada pemantauan program PUSPA di 10 Puskesmas di Kabupaten Bogor. 

Di hari pertama, dilakukan diskusi dengan Dinas kesehatan kabupaten Bogor, 10 Puskesmas lokus PUSPA dan tim PUSPA. 

Capaian program PUSPA trennya mengalami peningkatan setiap bulannya dari pertama penempatan Program PUSPA di bulan Juni sampai Agustus ini. 

Di hari kedua, dilakukan kunjungan ke posyandu dan posbindu Cendrawasih di wilayah kerja Puskesmas Cibinong untuk memantau proses pelayanan langsung ke masyarakat. 

Baca juga: Puskesmas Cisarua Bakal Direvitalisasi, Camat : Tunggu Dulu Sampai Ada Bangunan Baru

Selanjutnya ke SMA-SMP Citra Nusa. “Hasil kolaborasi Puskesmas Kecamatan Cibinong dengan PMI dan IDI, dalam rangka deteksi dini penyakit tidak menular dan penyuluhan kesehatan pada usia lebih dari 15 tahun di sekolah. Kegiatan ini akan menjadi rutin dimasa yang akan datang,” jelas Kepala Puskesmas Cibinong, dr Suparno.

Ia menambahkan, strategi program PUSPA diantaranya pengendalain Covid-19 dengan melibatkan jaringan dan jejaring yakni faskes swasta dengan dropping antigen/PCR pada bidan desa, klinik swasta, BPM, Dokter Praktek dan lainnya di wilayah kerja PUSPA.

Tak hanya itu, active case finding Covid-19 pada kelompok kerumunan, seperti majelis taklim, arisan, sekolah, pusat perbelajaan/keramaian. 

“ACF PUSPA lebih banyak untuk preventif jangan sampai ada kasus terkonfirmasi positif, khususnya pada kelompok rentan dan beresiko tinggi (lansia, komorbit, bayi balita, ibu hamil),” paparnya.

Selanjutnya, antar jemput lansia yang akan vaksinasi maupun penjadwalan khusus pada kelompok beberapa RT/RW.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina mengungkapkan, strategi pembinaan Puskesmas PUSPA oleh Dinkes dan supervisor PUSPA Kabupaten Bogor yakni pertemuan daring monev bulanan dengan paparan data capaian bulanan per Puskesmas PUSPA setiap tanggal 10 bulan berikutnya dihadiri oleh seluruh POKJA PUSPA.

Tak hanya itu, diskusi dan monev pada WhatsApp grup POKJA PUSPA Dinkes Kabupaten Bogor. “Visitasi/Pertemuan luring monev masing-masing Puskesmas PUSPA,” pungkasnya. (*/cok)

Editor: Rany