25 radar bogor

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Landa Beberapa Provinsi

Ilustrasi prakiraan cuaca hujan
Ilustrasi.

JAKARTA- RADAR BOGOR- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Menyampaikan peringatan dini berkenaan dengan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang. Kondisi cuaca itu dapat terjadi di Sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Kamis (6/10/2022).

Menurut siaran informasi cuaca BMKG seperti dilansir dari Antara, hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang. Diantara lain berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca : Sore Ini Bogor Hujan Sedang-Lebat, Malam Hujan Ringan

Bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Papua Barat, juga menghadapi potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Di wilayah Provinsi DKI Jakarta, hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang. Berpeluang terjadi pada sore dan menjelang malam hari di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Menurut BMKG, peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi. Daerah pertemuan angin meningkatkan peluang hujan di wilayah Indonesia.

BMKG menyatakan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di sekitar Kalimantan Utara dan Selat Makassar. Di antaranya membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah serta dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Barat.

Baca Juga : Iwan Fals Ciptakan Lagu Berjudul KANJURUHAN

Di samping itu, daerah konvergensi terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Perairan Barat Sumatera Barat hingga Sumatera Barat, dari Laut Jawa hingga Bangka Belitung, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Laut Sulawesi hingga Kalimantan Utara, serta Papua hingga Papua Barat.(jpg)

Editor : Yosep/Riadil-ppl