25 radar bogor

DPRD Usulkan Pembangunan Tol Khusus Truk Tambang, Libatkan Warga

Truk Tambang
Truk tambang di Jalan Raya Rumpin, Kabupaten Bogor. Pemkab Bogor tengah mengkaji aturan proyek pembangunan tol jalur tambang. HENDI/RADAR BOGOR

RUMPIN-RADAR BOGOR, DPRD Kabupaten Bogor mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar pembangunan jalan tol khusus truk tambang, melibatkan warga setempat. Musababnya, proyek tersebut bakal digarap Desember 2022.

Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Daen Nuhdiana mengatakan, pelibatan masyarakat sekitar dalam pelaksanaan pembangunan, merupakan salah satu upaya pemulihan ekonomi.

“Yang jelas ketika ada investasi masuk warga lokal harus dilibatkan karena itu sama seperti memulihkan ekonomi masyarakat,” kata Daen kepada wartawan, Kamis (6/10).

Baca juga: Warga Rumpin Tewas Tersenggol Truk Tambang

Pria asal Rumpin itu berharap, pembangunan jalan tol khusus truk tambang sepanjang 13 kilometer segera dilaksanakan dan cepat selesai.

“Memang saat ini sudah ada progres terkait pembebasan lahan nantinya tinggal action, jadi sebelum Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) selesai jabatan, pembangunan ini juga ikut rampung,” tegasnya

Senada dikatakan Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menerangkan, pembangunan jalan tol yang akan terhubung dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) III itu, skema pengerjaannya dikerjasamakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan pihak swasta.

“Titiknya dari Cigudeg. Nanti ada lima pintu masuk mendekati lokasi tambang, sehingga mengurangi potensi truk-truk pengangkut tambang itu melintas di jalan umum,” katanya.

Setiap pintu masuk tol, akan digunakan untuk transporter beberapa perusahan tambang yang beroperasi di wilayah Kabupaten Bogor.

“Di sana (Rumpin Parung Panjang) ada sekitar 30 izin usaha tambang, jadi nanti masuk ke tol langsung tembus ke JOR III,” ungkapnya.(Abi)

Editor: Rany