25 radar bogor

Trotoar Jalan Raya Cifor Baru Dibangun April Tahun Depan

Jalan Raya Cifor
Petugas bongkar lapak pedagang kaki lima di Jalan Raya Cifor, Bubulak, Kota Bogor. Selasa (27/9/2022). Penertiban itu sebagai persiapan penataan pedestrian di kawasan tersebut. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menata kawasan Situ Gede terus berlangsung. Salah satunya, lewat pembangunan trotoar di Jalan Raya Cifor. Penataan pedestrian penting dilakukan untuk menyokong kenyamanan pengunjung destinasi wisata di kawasan tersebut.

Baca Juga : Ratusan PKL di Cifor Digeser Sesuai Domisili

Kepala Bidang Pembangunan dan Kebinamargaan Dinas PUPR Kota Bogor, Dadan Hamdani menuturkan pihaknya akan membangun pedestrian sepanjang 2 kilometer di sepanjang Jalan Raya Cifor, Kecamatan Bogor Barat.

Namun ia mengungkapkan proses pembangunan baru akan dimulai di April tahun 2023 mendatang. “Perencanaan ada di tahun ini dan selesai bulan Desember. Proses tender di Februari, jadi kemungkinan mulai pembangunan di April,” terang Dadan.

Selain pedestrian Jalan Raya Cifor, pihaknya juga berencana untuk melakukan pelebaran jalan untuk menambah kapasitas kendaraan yang melintas. “Untuk panjangnya kita belum tahu menunggu anggarannya secara pasti, tapi kemungkinan Rp2-4 miliar,” ucapnya.

Dirinya menyebut konsep yang diusung dalam pembangunan pedestrian di Jalan Raya Cifor sama dengan trotoar yang sedang dibangunnya di Jalan Pandu Raya, Bogor Utara. Trotoar baru tersebut nantinya memiliki lebar sekira 3-4 meter.

Namun diakuinya, pembangunan trotoar akan berlangsung di satu sisi saja mempertimbangkan anggaran yang digelontorkan.

Baca Juga : Penertiban Ratusan Lapak PKL Cifor Diwarnai Isak Tangis Pedagang  

Ia memaparkan, selain di Jalan Raya Cifor pihaknya juga tengah menggarap pembangunan pedestrian lain di sejumlah wilayah.

Di antaranya Alun-Alun Kota Bogor, Jalan Pajajaran Indah, Jalan Pandu Raya, Jalan Kol Ahmad Syam, serta Jalan Jendral Ahmad Yani. “Pembangunan trotoar tersebut sudah berlangsung tahun ini dan ada lanjutannya tahun depan,” imbuh Dadan. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep