25 radar bogor

Tragedi Kanjuruhan Langgar Ham, Polri Diminta Tanggung Jawab

Tragedi Kanjuruhan
tragedi kanjuruhan

JAWA TIMUR- RADAR BOGOR- Direktur Eksekutif Amnesty International, Usman Hamid menyebutkan kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan malang, Jawa Timur. Terdapat unsur pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Indikasi tersebut terkuak karena adanya penembakan gas air mata yang dianggap melanggar aturan.

Usman meminta pemerintah dan investigasi independent yang dikepalai oleh Menko Polhukam MD segera menindak pihak-pihak yang bertanggung jawab. Terutama dari unsur kepolisian.

Baca Juga : Inflasi Tahunan Bulan September Melambung di Angka 5,95 Persen Imbas BBM Naik

“Kapolda Jawa Timur Layak dimintai tanggung jawab termasuk dicopot jika memang gagal atau tidak mengambil tindakan yang layak dan diperlukan. Untuk mencegah kejadian tersebut, atau tidak segera menindak anggotanya yang menyebabkan banyak kematian warga,” kata Usman kepada wartawan, Selasa (4/10/2022).

Usman juga mendesak Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk memantau dan memeriksa kinerja anak buahnya di lapangan. Dia menganggap bahwa kejadian ini disebabkan karena kinerja Polri yang kurang bagus.

“Bahkan Kapolri harus dimintai tanggung jawab atas banyaknya masalah kepolisian, terutama rendahnya kinerja Polri,” jelas Usman.

Usman menjelaskan, kematian ratusan orang di stadion Kanjuruhan seharusnya tak perlu terjadi jika aparat mengetahui pengamanan sesuai prosedur. “Semua pihak yang bertanggungjawab atas kejadian itu, termasuk Ketua PSSI, seharusnya mundur. Sebab ini sudah berskala tragedi nasional bahkan tragedi dunia,” pungkasnya.

Sebelumnya, kerusuhan pecah usai laga Arema Malang melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (2/10/2022). Pertandingan itu berakhir dengan skor akhir 2-3 untuk kemenangan Persebaya dan menjadi kekalahan kandang pertama Arema dari klub Surabaya itu dalam 23 tahun terakhir.

Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri mencatat data sementara jumlah korban meninggal dunia dalam tragedi kericuhan Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sebanyak 125 orang.

Baca Juga : Inflasi September 2022 Melonjak Karena Beras

Data sementara diperoleh dari hasil asesmen yang dilakukan Dokter Kesehatan (Dokes) Polda Jawa Timur dan Tim DVI pada Minggu, pukul 15.45 WIB. “Data terakhir yang dilaporkan meninggal dunia 129 orang, tetapi setelah ditelusuri di rumah sakit terkait menjadi 125 orang,” kata Ketua Tim DVI Polri Brigjen Pol Nyoman Eddy Purnama Wirawan.

Selain korban tewas, insiden kemanusiaan itu melukai 232 orang. Para korban mengalami luka-luka karena terinjak, patah tulang, dislokasi, engsel lepas, mata perih, dan kadar oksigen rendah.(jpg)

Editor :Yosep/Riadil-ppl