25 radar bogor

Puskesmas Cisarua Bakal Direvitalisasi, Camat : Tunggu Dulu Sampai Ada Bangunan Baru

Puskesmas Cisarua
Camat Cisarua, Ivan Pramudya angkat bicara perihal rencana Pemerintah Desa Tugu Utara yang akan melakukan revitalisasi bangunan di tanah desa, dimana salah satunya saat ini digunakan sebagai Puskesmas Cisarua.

CISARUA-RADAR BOGOR, Camat Cisarua, Ivan Pramudya angkat bicara perihal rencana Pemerintah Desa Tugu Utara yang akan melakukan revitalisasi bangunan di tanah desa, dimana salah satunya saat ini digunakan sebagai Puskesmas Cisarua.

Baca Juga : Inventarisasi Tanah Desa, Pemdes Tugu Utara Bakal Revitalisasi Bangunan Ini

Kepada Radar Bogor Ivan meminta agar revitalisasi bangunan tersebut dilakukan setelah adanya bangunan Puskesmas Cisarua yang baru.

“Kalau belum ada bangunan baru, mau pindah kemana Puskesmas Cisarua. Jadi tunggu dulu sampai ada bangunan baru, kemudian bisa dipindah,” katanya kepada Radar Bogor Selasa (4/10/2022).

Ivan memaparkan, untuk gedung baru Puskesmas Cisarua masih dalam proses menunggu hibah lahan milik Provinsi Jawa barat. Setelah selesai proses baru dianggarkan untuk pembangunan.

“Sekarang kan masih menunggu proses hibah provinsi. Luasnya 4000 meter. Tapi kan gak mungkin juga bisa selesai tahun depan. Kan masih ada proses pembangunan,” paparnya.

Lanjut Ivan, untuk revitalisasi bangunan Puskemas Cisarua, juga membutuhkan proses hibah bangunan dari Pemda kepada pemerintah desa.

“Jadi prosesnya panjang. Setelah nanti puskesmas pindah, juga ada proses hibah dari Pemkab Bogor ke Pemerintah Desa Tugu Utara,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua saat ini tengah melakukan inventarisasi aset desa. Salah satunya yang saat ini digunakan sebagai Puskesmas Cisarua di Kampung Sampay RT 02/03 Desa Tugu Utara Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor.

Kepala Desa Tugu Utara Asep Ma’mun memaparkan, dari hasil musyawarah desa (Musdes) pihaknya akan membangun gedung pertemuan dan sarana olahraga di lokasi tersebut.

Kepala Desa Tugu Utara Asep Ma’mun memaparkan, dari hasil musyawarah desa (Musdes) kita bahas tentang Inventarisasi dan Optimalisasi aset desa dalam menunjang program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat.

“Lokasinya itu yang saat ini berdiri Puskesmas Cisarua. Jadi nanti di sana kita akan buat gedung pertemuan juga sarana olahraga yang bisa dipakai untuk masyarakat,” kata kepala Desa Tugu Utara Asep Ma’mun kepada Radar Bogor Senin (3/10/2022).

Asep memaparkan, rencananya revitalisasi tersebut bakal selesai pada 2023 mendatang. Saat ini pihaknya sudah berkirim surat kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor perihal pembangunan atau revitalisasi aset Desa Tugu Utara tersebut. “Sudah kita kirim surat ke Dinkes Kabupaten Bogor soal ini,” paparnya.

Baca Juga : BLT BBM di Cisarua Sudah Disalurkan, Desa Batulayang Paling Sedikit  

Selain itu Asep juga berharap, dengan adanya revitalisasi aset Desa Tugu Utara yang saat ini digunakan sebagai Puskesmas Cisarua ini, bisa mendorong agar pembangunan puskesmas Cisarua bisa dipercepat.

“Saat ini kan puskemas Cisarua berdiri diatas tanah milik desa. Nah dengan adanya revitalisasi ini, tentu bisa mendorong pembangunan gedung puskesmas yang baru. Apalagi tanahnya sudah ada, tinggal dibangun,” paparnya. (all)

Editor : Yosep