25 radar bogor

Nasdem Usung Anies jadi Capres 2024, Bima Arya : Hal yang Harus di Sikapi KIB

Anies Baswedan
Deklarasi Anies Baswedan jadi Capres NasDem di Jakarta, Senin (3/10/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya angkat suara, terkait dengan langkah NasDem yang mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan maju jadi Calon Presiden (Capres) pada Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Bima Arya, sebenarnya PAN sangat bisa memahami jika Anies saat ini, NasDem resmi mengusung Gubernur DKI Jakarta, dan itu merupakan hak partai NadDem.

“Tetapi ini perjalannya masih sangat panjang, NasDem membutuhkan dukungan dari partai lain,” kata Bima Arya, Selasa (4/10).

Baca juga: Resmi Diusung NasDem, Anies Baswedan Disuruh Pilih Cawapres Sendiri 

Menurutnya, Anies Baswedan merupakan salah satu dari 9 nama yang sebenarnya diusulkan oleh PAN saat rapat kerja nasional (Rakernas).

“Nama mas Anies ini ramai disebut di DPD dan DPW (PAN), selain nama lainnya seperti Erick Thoir dan Ganjar,” ucapnya.

Disinggung apakah memungkinkan Partai Nasdem akan berkoalisi dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) karena kandidat yang diusung sama dengan PAN, diakui Bima Arya, sebenarnya pembicaraan itu dengan Nasdem sudah terjadi ketika KIB terbentuk.

Akan tetapi, karena saat ini Nasdem sudah memunculkan nama Anies Baswedan, tentu hal ini harus segera disikapi KIB.

“Saya kira ini salah satu hal yang juga harus di sikapi oleh KIB ya, mungkin saja KIB berbeda, kemungkinan besar KIB akan berbeda dengan Nasdem,” ucap Bima Arya.

“Kita masih melihat banyak faktor-faktor lain ya, seperti Pak Prabowo maju lewat partai apa, pak Prabowo wakilnya siapa, kemudian PDIP apakah jadi memunculkan Puan, mas Ganjar kemana, ini masih banyak variabel-variabel seperti itu,” lanjutnya.

Yang pasti, diyakini Bima Arya, hingga sampai saat ini PAN masih setia dan komitmen dengan KIB.

Sehingga, siapa nama yang akan muncul dan diusung harus melalui kesepakatan bersama Partai Golkar dan PPP.

“Prediksi saya akan ada pembicaraan yang lebih intens ya dan mengerucut di akhir tahun. Jadi dua tiga bulan lagi lah akan lebih jelas lagi,” imbuhnya.

“Ya sekarang ini KIB fokus dulu untuk capres kita, siapakah capres itu ya pasti pembicaraan tiga partai ini, jadi tidak terpengaruh dengan Nasdem ya,” tukasnya.(ded)

Editor: Rany