25 radar bogor

Harga Beras Medium Melonjak, BPN Stabilkan Harga Dengan Cara Ini.

Harga Beras naik
Stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang di Jakarta.

Jakarta-Radar Bogor.harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) mengalami kenaikan. Harga rata-rata beras Medium per 30 September berada di Rp 9.834 per kg dan sudah melebihi harga eceran tertinggi (HET) yaitu Rp 9.450 per kg. hal ini dicatat oleh Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA).

Baca Juga : Distribusi Pangan Lewat Tol Laut Menhub Budi Pastikan proses berjalan lancar

Harga beras naik disebabkan harga pupuk yang turut naik juga naiknya biaya distribusi, Tutur Kepala NFA Arief Prasetyo Adi. Kendati  demikian, ia dan beberapa pihak terkait berupaya untuk menstabilkan harga beras sesuai HET pada Oktober ini.

“Hal ini tidak bisa dihindari karena pupuk, biaya tanam, dan biaya distribusi juga naik. Tetapi harusnya tidak terlalu tinggi kenaikannya. Untuk itu, membutuhkan respon cepat dan penanganan bersama seluruh stakeholder agar di bulan Oktober ini harga beras di tingkat konsumen dapat kembali turun sesuai HET,” kata Arief dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (4/10).

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi mengatakan, kenaikan harga beras disebabkan pupuk hingga naiknya biaya distribusi. Meski demikian, ia dan beberapa pihak terkait berupaya untuk menstabilkan harga beras sesuai HET pada Oktober ini.

“Hal ini tidak bisa dihindari karena pupuk, biaya tanam, dan biaya distribusi juga naik. Tetapi harusnya tidak terlalu tinggi kenaikannya. Untuk itu, membutuhkan respon cepat dan penanganan bersama seluruh stakeholder agar di bulan Oktober ini harga beras di tingkat konsumen dapat kembali turun sesuai HET,” kata Arief dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (4/10).

Ia menjelaskan, strategi yang dilakukan untuk menggenjot stabilisasi harga beras adalah dengan meningkatkan pelaksanaan operasi pasar atau program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) melalui Perum Bulog.

Menurutnya, KPSH merupakan bentuk intervensi pemerintah dengan menyalurkan stok beras pemerintah kepada pedagang atau konsumen dengan harga terjangkau di bawah HET. Dalam program KPSH, di PIBC misalnya, stok beras pemerintah melalui Bulog disalurkan kepada pedagang.

Kemudian didistribusikan kepada konsumen dengan harga Rp 8.900 per kg atau di bawah HET untuk beras medium. Sejalan dengan itu, pihaknya bersama dengan lembaga terkait akan meningkatkan cadangan beras pemerintah (CBP).

Sebab, per September 2022, Arief menyebut stok beras di Bulog hanya sekitar 800 ribu ton. Padahal, stok aman CBP kurang lebih 1,1 juta ton-1,5 juta ton.

“Dalam minggu ini kami bersama teman-teman Bulog akan ke Sulawesi Selatan untuk serap. Kita harus top up stoknya bulog sampai dengan 1,2 juta ton,” ujar Arief.

Hal itu dilakukan, agar berapa pun kebutuhan beras yang diminta pasar bisa segera terpenuhi. Arief menyebut, di Pasar Induk Beras Cipinang sendiri permintaan yang harus dipenuhi sebanyak 3.000 ton per minggu.

“Ini harus kita siapkan karena Jakarta ini berkontribusi 27 persen terhadap nasional,” imbuhnya.

BACA JUGA : Penampakan Lesti Kejora Usai Alami KDRT, Terbaring Lemas. Leher di Gips!

Adapun volume pendistribusian beras melaui KPSH yang dilaksanakan Bulog sampai dengan bulan September lalu telah terealisasi sekitar 200 ribu ton. Sedang, untuk KPSH di PIBC sementara ini telah disiapkan sampai dengan 70 ribu ton untuk pelaksanaan sampai Februari 2023.

“Batch pertama pendistribusian sebanyak 300 ton mulai Senin, 3 Oktober 2022, kemarin,” ujarnya.

Untuk memastikan program stabilisasi harga ini berjalan tepat sasaran. Arief meminta, seluruh pedagang yang mendistribusikan beras KPSH wajib menjual beras medium di bawah HET.

“Penyaluran KPSH kepada pedagang PIBC juga melibatkan BUMD pangan DKI Jakarta yaitu Food Station serta asosiasi Perpadi. Program ini turut didukung Kemendag, Kementan, Satgas Pangan Polri, Pemprov DKI, dan Bulog. Hal ini menunjukan soliditas kolaborasi antar stakeholder untuk menjaga ketahanan pangan,” tandasnya. (jpg)

Editor : Yosep/Ridwan