Serap Puluhan Ribu Tenaga Kerja, Pemkab Bogor Siap Promosikan KEK Lido

Kawasan pariwisata Lido Bogor
Kawasan pariwisata Lido Bogor

CIGOMBONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor siap untuk mempromosikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City.

Keberadaan KEK tersebut dinilai bakal terus menyerap tenaga kerja lokal hingga puluhan ribu orang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, Pemkab Bogor senantiasa mendukung keberadaan KEK Lido di Kabupaten Bogor. Sebagai bagian dari pengembangan wilayah Puncak, saat ini Pemkab Bogor tengah menjajaki kerja sama Sister City dengan Kota Jedah, Arab Saudi.

“Kami juga siap ikut mempromosikan KEK Lido ini. Kami ada pelayanan terpadu satu pintu melayani berbagai investasi di Kabupaten Bogor. Kerjasama juga sedang berjalan dengan MNC dan perangkat daerah terkait perkiraan keadaan sarana penunjang sehingga kami menyiapkan kebutuhan mulai dari perumahan, sarana pendidikan, kesehatan,” ujar Burhanudin dalam rapat pembahasan evaluasi pembangunan dan kesiapan pengoperasian KEK Lido di Lido Lake Resort, Cigombong, Sabtu (1/10/22).

Baca juga: Habis Divaksin di SPN Lido, Warga Cigombong Dapat Sembako

Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus, Elen Setiadi mengungkapkan, KEK Lido adalah program strategis nasional yang melibatkan semua pihak, mulai dari tingkat pusat, provinsi, hingga daerah.

“KEK Lido sudah layak untuk beroperasi karena sudah sesuai dengan Undang-Undang KEK. Soal tenaga kerja pun terus berproses, kini sudah menyerap ribuan tenaga kerja. Selain itu pengembangan UMKM di KEK ini juga harus jadi perhatian,” ujar Elen.

Selanjutnya, Direktur Fasilitas Kepabeanan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementrian Keuangan, Untung Basuki menambahkan, KEK adalah program strategis pemerintah, yang membedakan adalah adanya kesatuan bersama seluruh pihak dari tujuan KEK tersebut.”Harapan kita KEK Lido ini menjadi unggulan, karena ini sebagai tindak lanjut UU Cipta Kerja.

Harapan lainnya, segera dilaksanakan target-target yang sudah ditentukan, maka keterlibatan seluruh pihak jadi yang utama, mulai dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten dalam mengembangkan KEK Lido ini,” pungkas Untung.(cok)

Editor: Rany

Berita Lainnya