25 radar bogor

Penyaluran BSU Rp600 Ribu Masuk Tahap 4, Cair Mulai Senin

Ilustrasi BSU Rp600 Ribu
Ilustrasi BSU Rp600 Ribu

JAKARTA-RADAR BOGOR, Penyaluran bantuan subsidi upah atau BSU Rp600 ribu sudah memasuki tahap keempat. Pencairannya mulai dilakukan Senin (3/10/2022).

Baca Juga : BSU Tahap 2 Rp600 Ribu Cair Minggu Depan, Selesai Verifikasi

“Insyaallah Senin (3/10/2022) BSU Rp600 ribu tahap empat cair,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi.

“Mudah-mudahan, Insyaallah di awal minggu depan, Senin, dari hasil pemadanan tersebut (BSU) tahap empat cair,” ujar Anwar di Gedung Kemnaker, Jakarta Selatan, Jumat (30/9/2022).

Menurut Anwar, data penerima BSU Rp600 ribu sudah diterima Kemnaker pada Kamis (29/9/2022). Data tersebut dipadankan, dan dipastikan bahwa penerima BSU bukan penerima bantuan PKH, Kartu Prakerja, PNS, dan TNI/Polri.

Dari hasil pemadanan itu, terdapat 1,2 juta orang yang dinyatakan clean. Jumlah itu berkurang dari sebelumnya yang sebanyak 1,5 juta orang.

“Jumlah tersebut kan kemudian berkurang, kalau nggak salah dari 1,5 juta yang kita peroleh, itu 1,2 juta yang sudah clean dari pemadanan nggak ada persoalan. Dari angka tersebut kemudian kita kirim ke bank,” terang Anwar.

Isa menambahkan, sebanyak 7 juta pekerja dari 14,6 juta target penerima sudah menerima BSU Rp600 ribu. Total anggaran yang sudah digelontorkan sebesar Rp 4,2 triliun atau sekitar 48,2% dari total anggaran Rp 8,8 triliun.

Baca Juga : BSU Rp600 Ribu Tahap I Cair Hari Ini, Bisa Diambil di Bank Himbara

BSU Rp 600ribu disalurkan ke pekerja yang memiliki rekening bank BUMN atau Himbara. Bagi yang tidak memilikinya, akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero) atau dibuatkan alternatif rekening Bank Himbara.

“Mereka yang tidak punya rekening itu ada yang diusahakan dibukakan rekening sebetulnya, namun ada juga yang memang akses ke bank-banknya juga tidak mudah buat mereka itu akhirnya kemudian kembali dibayarkan lewat PT Pos,” tutur Isa. (net/dtk)

Editor : Yosep