Penyaluran BSU Masuk Tahap 4, Notifikasi Masih ‘Calon Penerima’. Ini Penjelasannya!

Ilustrasi BSU Rp600 Ribu Cair
Ilustrasi BSU Rp600 Ribu Cair.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Penyaluran bantuan subsidi upah atau BSU Rp600 ribu kini sudah masuk tahap empat. Pencairannya dijadwalkan mulai Senin (3/10/2022).

Baca Juga : Penyaluran BSU Rp600 Ribu Masuk Tahap 4, Cair Mulai Senin

Pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dan memenuhi syarat sebagai penerima BSU Rp600 ribu, dapat mengecek statusnya di situs resmi Kemnaker.

Kendati begitu, sampai hari ini masih banyak pendaftar BSU Rp600 ribu yang belum terverifikasi dan statusnya masih tercatat sebagai “calon penerima” alias belum berubah status menjadi “ditetapkan”. Padahal, mereka sudah lama mendaftarkan diri.

Dikutip dari akun Instagram Kementrian Ketenagakerjaan @kemnaker pada 28 September 2022, terdapat dua kemungkinan penyebab masalah itu terjadi. Berikut rinciannya.

1. Tersaring dalam screening Kemnaker

Peserta telah mendapatkan bantuan lainnya, seperti Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan, atau bantuan presiden (banpres) produktif untuk usaha mikro pada tahun berjalan, atau PNS dan TNI/Polri.

2. Tersaring verifikasi dan validasi bank

Baca Juga : Kabar Gembira untuk Pekerja, BSU Rp1 Juta Bakal Kembali Cair

Rekening calon penerima tidak atktif atau tidak valid. Jika masalahnya adalah rekening, calon penerima masih bisa mengambil bantuan dengan melakukan pembaruan data lebih dulu di PT Pos Indonesia.

Adapun perubahan status BSU dapat terlihat jika Kemnaker telah selesai melakukan verifikasi dan validasi data pekerja yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Jika status pekerja masih sebagai “calon”, artinya data pekerja masih diseleksi dan diverifikasi oleh Kemnaker. (net/ysp)

Editor : Yosep

Berita Lainnya