25 radar bogor

Hari Kesaktian Pancasila, UIKA Peringati Bersama Perwakilan 27 Perguruan Tinggi

UIKA
Universitas Ibn Khaldun atau UIKA Bogor menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di lapangan Utama Gedung Rektorat Kampus UIKA Bogor Jalan Sholeh Iskandar Km.2, Sabtu (1/10/2022) pagi.

BOGOR-RADAR BOGOR, Universitas Ibn Khaldun atau UIKA Bogor menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di lapangan Utama Gedung Rektorat Kampus UIKA Bogor Jalan Sholeh Iskandar Km.2, Sabtu (1/10/2022) pagi.

Baca Juga : Mahasiswi Malaysia Senang Belajar di KPI UIKA Bogor

Upacara diikuti mahasiswa UIKA Bogor penerima beasiswa serta mahasiswa dari 27 perguruan tinggi yang sedang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Rektor UIKA Bogor, Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si. mengingatkan peran UIKA sebagai institusi pendidikan tinggi sangat penting, karena ke depan UIKA akan melahirkan calon-calon pemimpin bangsa yang harus mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar negara, mengingat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) didirikan dan diperjuangkan dengan penuh pengorbanan.

“Salah satu upaya kita sebagai komponen bangsa Indonesia, harus bahu membahu mempertahankan NKRI dari berbagai rongrongan, termasuk bahaya laten dari Partai Komunis Indonesia (PKI),” ujarnya.

Menurutnya, upacara dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh civitas akademika UIKA Bogor memiliki tekad yang sama bahwa PKI tidak boleh muncul kembali di NKRI karena ideologi tersebut dapat memecah belah Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam closing statementnya, Mujahidin juga berpesan kepada para peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dari 27 Kampus yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia yang turut mengikuti upacara, untuk meningkatkan semangat dan menyatukan tujuan dalam mempertahankan NKRI tanpa memandang latar belakang suku, ras dan agama.

“Harapannya, apa yang terjadi pada 30 September yang lebih dikenal dengan G 30S PKI tidak terulang kembali,” ungkapnya.

Baca Juga : Kunjungi Kampus UIKA Bogor, Korem 061/Suryakancana Pamerkan Alutsista

Upacara yang berlangsung secara khidmat ini diikuti juga para wakil rektor, Pengurus Yayasan Pendidikan Ibn Khaldun (YPIKA), Ketua Senat UIKA, Ketua-ketua Lembaga, para dekan, presma serta Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan dilingkungan UIKA Bogor, perwakilan mahasiswa dari penerima beasiswa serta mahasiswa PMM Angkatan 2.

Antusiasme peserta nampak dari semangat peserta upacara yang hadir tepat waktu dan mengikuti upacara dengan khidmat sampai kegiatan berakhir.

Kegiatan yang berlangsung pada 1 Oktober 2022 tersebut ditutup dengan manis oleh persembahan dari UKM Paduan Suara, penampilan demonstrasi dari UKM seni gerak dan bela diri Tapak Suci dan Merpati Putih. (*/try)

Editor : Yosep