Hari Kesaktian Pancasila, Bima Arya Ajak Warga Pungut Sampah di Ciliwung

Bima Arya
Bima Arya mengajak jajarannya bersama warga pungut sampah di Bantaran Sungai Ciliwung, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur saat peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10/2022). REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Cara unik ditampilkan Wali Kota Bogor, Bima Arya menyambut Hari Kesaktian Pancasila pada Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga : Operasi Zebra Lodaya 2022 di Bogor Mulai Senin, Ini Sasaran Pelanggarannya

Bima mengajak jajarannya bersama warga pungut sampah di Bantaran Sungai Ciliwung, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur.

Perlahan namun pasti, sampah-sampah yang berserakan mulai terangkut. Terlihat sejumlah anak-anak tertarik dan ikut memungut sampah di sekitar kawasan tersebut.

Menurut Bima Arya, Pancasila bukan hanya sekadar slogan melainkan pandangan dan pedoman bagi warga Indonesia dalam berperilaku. Ia mengatakan Pancasila seharusnya bukan cuma diucapkan melainkan diterapkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kalau hari ini masih banyak korupsi, konflik kekerasan, dan perusakan lingkungan artinya masih banyak omong kosong. Lebih banyak bicara dibandingkan bertindak,” tegasnya.

Sebab dalam pandangannya jika nilai Pancasila dapat dipegang dengan baik maka tidak ada permasalahan yang ditimbulkan akibat keteledoran manusia. Salah satunya nilai dalam sila kedua yang berkaitan dengan adab.

“Buang sampah sembarangan atau ke sungai berarti itu tidak beradab. Begitu juga dengan mendirikan bangunan di tempat yang bukan haknya,” tutur Bima Arya.

Oleh sebab itulah di momen Hari Kesaktian Pancasila dirinya kembali mengajak untuk membumikan Pancasila. Salah satunya dengan membuat lingkungan kembali lestari bebas dari urusan sampah.

Dirinya menekankan akan terus mengencangkan upaya pengelolaan sampah, limbah, di berbagai tempat. Selain itu gerakan edukasi dan sosialisasi kepada masyatakat juga akan terus digelorakannya ke depan.

Selain itu ia juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu guyub dan bekerja sama menyelesaikan permasalahan yang masih menjadi persoalan.

“Kalau kita guyub, banyak persoalan yang dapat selesai. Lewat musyawarah kita dapat titik temu dan rumusan yang ideal,” ujarnya.

Baca Juga : Bima Arya Harap FMP Bisa Jaga Kebersamaan

Sebelum turun memungut sampah, Bima Arya bersama jajaran personel Dinas Lingkungan Hidup, Relawan Sungai Ciliwung, dan Badan Sosial Lintas Agama (Basolia) Kota Bogor menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Dalam upacara sederhana yang digelar di wilayah Kampung Warga Mulya RT 2 RW 3 Kelurahan Sukasari tersebut, digaungkan pula Ikrar Pancasila menyambut momen Hari Kesaktian Pancasila. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep

Berita Lainnya