25 radar bogor

Tunda Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong: Masih Dipikirkan

Ilustrasi Foto gol yang tetap disahkan sehingga menjadi keunggulan untuk Irak. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun sempat terlihat memprotes keputusan wasit tersebut, Selasa (16/01/2024).

Radar BogorKemenangan 3-2 Indonesia atas Curacao membuat PSSI puas dengan kinerja Shin Tae-yong (STY). Pencinta sepak bola tanah air pun makin kesengsem dengan pelatih asal Korea Selatan itu.

Nah, atas capaian yang sudah dia persembahkan, kontrak STY rencananya akan diperpanjang. Meski, kontraknya sebagai pelatih timnas Indonesia baru berakhir pada 31 Desember 2023.

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menyatakan, rencana itu telah disampaikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Baca juga:Ranking Dunia naik: Timnas Indonesia Menang Atas Curacao

Menurut Yunus, Indonesia membutuhkan figur seperti STY. Dia optimistis timnas Indonesia bisa lebih maju jika STY bekerja dengan durasi yang lebih lama.

”Curacao yang peringkatnya jauh di atas Indonesia bisa ditaklukkan STY. Ini menjadi barometer. STY mampu mengatur anak-anak menjadi pemain yang bagus. Jadi, kontraknya akan kami perpanjang,” ucap pria asal Gorontalo itu di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kemarin.

 

Meski demikian, Yunus belum dapat menyampaikan rencana durasi kontrak baru STY. Hal itu akan dibahas dalam rapat Exco PSSI.

Baca juga: Ronaldo Gagal Cetak Gol untuk Portugal, Perlu Dicadangkan

”Kami yakin teman-teman Exco PSSI juga sudah memahami apa yang dilakukan oleh STY dalam beberapa tahun memegang timnas Indonesia,” jelasnya.

”Bisa saja kontraknya akan diperpanjang sebelum AFF Cup tahun ini. Karena itu, Ketua Umum (Mochamad Iriawan, Red) akan memanggil Exco PSSI untuk membahas hal ini,” imbuh Yunus.

Ditemui secara terpisah, STY mengaku belum mendapat informasi dari PSSI. Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu menilai, durasi kontraknya bersama timnas Indonesia masih lama.

Baca juga: Tips Agar Aman saat Liburan, Jaga Etika dan Kesopanan

”Jadi, ini bukan waktunya harus membicarakan perpanjangan kontrak. Tapi, saya senang dinilai baik oleh Ketum. Saya berterima kasih untuk itu,” ucap STY.

Karena itu, STY belum dapat berspekulasi soal masa depannya di timnas Indonesia.

”Sekarang saya mau fokus pertandingan besok (hari ini). Setelah itu, fokus ke AFF Cup 2022 dan Piala Dunia U-20 2023. Lalu, fokus ke Piala Asia 2023. Jadi, saya benar-benar belum kepikiran sama sekali,” terang pria 52 tahun itu. (jpg)

 

Editor: Yosep/Syahrul-ppl