Ratusan Hewan Serbu Kantor Kecamatan Bogor Timur

anjing yang akan di vaksin rabies yang dilakukan oleh DKPP KOta Bogor dalam rangka hari rabies sedunia, Rabu (27/9/2022). Sofyansyah/Radar bogor.
anjing yang akan di vaksin rabies yang dilakukan oleh DKPP KOta Bogor dalam rangka hari rabies sedunia, Rabu (27/9/2022). Sofyansyah/Radar bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemandangan berbeda terlihat di Kantor Kecamatan Bogor Timur, Rabu (28/9/2022). Gedung yang biasanya dipenuhi warga atau staf kecamatan, siang itu justru dipadati ratusan hewan.

Berbagai jenis kucing dan anjing berkumpul di area itu untuk mendapatkan vaksin rabies gratis yang diberikan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kota Bogor dalam momen Hari Rabies Sedunia.

Banyaknya hewan yang berkumpul tak ayal membuat suasana menjadi riuh. Gonggongan anjing saling bersahutan dibarengi gerakan tak beraturan membuat para pemiliknya kerepotan. Sementara itu, para pemilik kucing sibuk menenangkan hewan peliharaannya yang ketakutan dengan ramainya gonggongan anjing.

Tak hanya kucing dan anjing, beberapa musang dan beruk juga terlihat hadir digendong pemiliknya untuk divaksin rabies.

Meski kerepotan, para pemilik hewan ini mengaku senang dengan adanya program vaksin rabies gratis. Salah satu pemilik hewan, Kamal bahkan memboyong 8 hewan peliharaannya (7 anjing, 1 kucing) untuk divaksin rabies.

Baca juga: Pemkot Bogor Gencar Vaksinasi Rabies

Menurutnya, program tersebut menjadi kesempatan berharga. Sebab biasanya ia harus merogoh kocek yang dalam untuk memvaksin rabies hewan-hewan peliharaannya.

“Biasanya kalau vaksin sampai Rp 500 ribu, tapi lewat program ini gratis. Jadi saya sangat terbantu dan senang dengan adanya program ini,” ucapnya kepada Radar Bogor.

Dirinya berharap, kegiatan serupa dapat terus berjalan secara berkelanjutan karena dapat membantu para pemilik hewan peliharaan.

Selain Kamal, pemilik anjing lainnya, Novi juga mengaku amat bahagia dengan program vaksin gratis tersebut. Ia menuturkan program ini meringankan biaya vaksin yang biasa dikeluarkannya sebesar Rp 300 ribu untuk anjing Siberian Husky-nya.

“Saya salut, ternyata Kota Bogor juga peduli pada hewan. Vakin Rabies ini membuat semua orang tenang dan tidak khawatir jika digigit hewan-hewan yang berpotensi rabies,” jelasnya.

Kepala Bidang Peternakan, DKPP Kota Bogor, drh. Anizar menuturkan, program pemberian vaksin rabies gratis ini rutin dilakukan pihaknya setiap tahun. Sebab menurutnya hal itu perlu dilakukan sebagai bentuk pencegahan adanya hewan terjangkit rabies.

Baca juga: Punya Hewan Peliharaan? Ayo Vaksinasi Rabies dan Konsultasi Gratis

“Meskipun di Kota Bogor itu tidak ada kasus rabies ini tetap kita lakukan. Karena tidak ada cara lain untuk mencegah selain divaksin,” terangnya.

Proses vaksinasi yang dilakukan meliputi proses skrining seperti pengukuran suhu tubuh hewan, pemeriksaan secara fisik. Setelah dinyatakan sehat dan layak, maka hewan tersebut diperbolehkan untuk vaksin.

Dalam program ini Ani menyebut pihaknya menyediakan vaksin rabies sebanyak 700 dosis. Vaksinasi berlangsung sejak pukul 09.00-16.00 WIB. Total ada 223 kucing, 46 anjing, 4 musang, dan 1 beruk yang menerima vaksin rabies tersebut.

Ia mengatakan, para pemilik juga dapat memvaksin hewan peliharaannya dengan cara mendatangi Kantor DKPP Kota Bogor di Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan di waktu jam kerja. (cr1/mg1/mg2)

Editor: Rany

Berita Lainnya