25 radar bogor

Kota Bogor Siap Punya Taman Baru, Ini Fasilitasnya

Taman Manunggal
Taman Manunggal masih dalam proses pembangunan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Selain tersohor dengan kekayaan kulinernya, kini Kota Bogor juga dikenal sebagai kota pariwisata olahraga atau sport tourism.

Tak hanya berhenti di kawasan Kebun Raya Bogor atau sistem satu arah saja, Kota Bogor juga banyak memiliki taman-taman kota sebagai tempat yang nyaman untuk berolahraga.

Terkini, sebuah taman besar di wilayah Kecamatan Bogor Barat tengah sibuk dibangun dan akan dirilis beberapa bulan ke depan. Taman tersebut ialah Taman Manunggal.

Baca juga: Airlangga-Puan, Dua Tokoh Bakal Capres Direncanakan Bertemu Pekan Depan

Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor Irfan Zacky, menuturkan taman yang memiliki luas sekira 1 hektar ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas.

Mulai dari lapangan sepak bola, lintasan jogging, food court, toilet, ruang ganti baju, hingga halaman terbuka yang dapat digunakan masyarakat untuk berkumpul bersama.

Sejak mulai dibangun pada bulan Juni 2022 lalu, progress taman ini sudah mencapai angka 34-35 persen. Irfan menyebut saat ini pihaknya sedang berfokus pada pembangunan lapangan sepak bola.

“Sekarang lagi pemasangan rumput, pagar penahan, dan jaring. Lapangan ini berukuran panjang 75 meter dan lebar 45 meter. Semoga pekan ini atau awal oktober progressnya langsung naik karena memang yang besar itu terletak di rumputnya,” jelas Irfan saat dihubungi Radar Bogor pada Selasa (27/9).

Saat ditanya soal sistem penggunaan lapangannya, Irfan mengatakan pihaknya baru akan membahas soal pengelolaan pada saat progres pengerjaan mencapai angka 75 persen. “Kita masih fokus pembangunan, nanti baru akan dibahas bagaimana pengelolaannya,” imbuhnya.

Lapangan yang diperkiraan berkapasitas seribu orang ini direncanakan rampung pada bulan November 2022 mendatang.

Dengan dibangunnya Taman Manunggal, total taman besar yang dimiliki Kota Bogor berjumlah 9 taman. Selain taman-taman besar kota ini juga memiliki taman lingkungan yang tersebar di sejumlah wilayah dan perumahan yang berjumlah sekira 30 taman. (cr1)

Editor: Rany