Spanyol Kalah 1-2 dari Swiss di Kandang Sendiri

spanyol vs swiss
Timnas Spanyol harus takluk 1-2 saat menjamu Swiss dalam lanjutan Liga 1 Grup A UEFA Nations League di La Romareda pada Minggu (25/9/2022) dini hari WIB.

RADAR BOGOR–Timnas Spanyol harus takluk 1-2 saat menjamu Swiss dalam lanjutan Liga 1 Grup A UEFA Nations League di La Romareda pada Minggu (25/9/2022) dini hari WIB.

Spanyol tertinggal dulu pada babak pertama lewat gol Manuel Akanji. Mereka kemudian menyamakan kedudukan berkat gol Jordi Alba sebelum Eric Garcia mencetak gol bunuh diri di babak kedua.

Itu merupakan kekalahan pertama Spanyol di grup dan membuat mereka turun ke posisi kedua klasemen dengan 8 poin. Sementara itu, Swiss duduk di peringkat ketiga dengan torehan 6 poin, demikian dikutip dari data UEFA Nations League seperti dilansir dari Antara.

Baca juga:Imbang jerman vs inggris dengan skor akhir 3-3

Spanyol tertinggal dua poin dari Portugal yang menang 4-0 atas Republik Ceko dan kini memuncaki klasemen. Kedua tim bertemu di Lisbon, Rabu (28/9/2022) dini hari WIB.

Swiss secara mengejutkan mengambil inisiatif serangan untuk menekan Spanyol. Meski unggul penguasaan bola, tim tuan rumah sulit menembus pertahanan Swiss.

Swiss beberapa kali membahayakan gawang Unai Simon. Hasilnya pada menit ke-21, Swiss mampu membuka keunggulan lewat tandukan Manuel Akanji setelah meneruskan sepak pojok Ruben Vargas.

Baca juga:Jelang Indonesia vs Curacao, Lapangan Stadion Pakansari Dijamin Bebas Banjir

Bek Manchester City itu berdiri di tiang jauh dan mampu mengalahkan Cesar Azplicueta dalam duel udara sebelum bola menjebol gawang Unai Simon. Skor menjadi 1-0.

Swiss nyaris bikin gol pada menit ke-43. Xherdan Shaqiri dengan mudahnya melewati hadangan Pau Torres dan Jordi Alba, sebelum menembak ke sudut sempit yang bisa ditepis Unai Simon. Hingga babak pertama selesai, Spanyol tetap tertinggal 0-1.

Pada babak kedua, Spanyol langsung menggebrak untuk mencari gol penyama kedudukan pada menit ke-55. Marco Asensio mengawali dengan aksi solo run dari sisi kanan dan masuk hingga mendekati kotak penalti.

Dia mampu menarik para pemain Swiss untuk menjaganya sebelum mengirim umpan pendek ke Jordi Alba yang melakukan overlap. Bek kiri Barcelona itu kemudian melepaskan tendangan keras ke pojok kanan atas gawang Yann Sommer. Kedudukan menjadi imbang 1-1.

Baca juga:Pemkot Bogor Dorong Penggunaan Eco Enzyme Reduksi Sampah

Namun, skor itu cuma bertahan empat menit karena Swiss kembali unggul. Lewat skema tendangan pojok, Korner Vargas mengarah ke kotak penalti dan disundul Akanji ke arah Embolo. Dia menyontek bola dan sempat menyentuh Eric Garcia sebelum masuk. Swiss berbalik unggul 2-1.

Gol itu membuat Spanyol makin intens menekan Swiss, tetapi gawang mereka nyaris bobol lagi dua menit kemudian. Unai Simon gagal menyapu bola udara karena kalah berduel dengan Vargas. Beruntung bola bisa disapu tepat di garis gawang oleh Garcia dan Torres.

Spanyol memasukkan Yeremi Pino, Nico Wlliams, dan Borja Iglesias, untuk menajamkan lini serang. Namun, upaya Spanyol tidak membuahkan hasil dan skor tetap 2-1 untuk kemenangan Swiss. (jpg)

Susunan Pemain:

Spanyo (4-3-3): Unai Simon; Jordi Alba, Pau Torres, Eric Garcia, Cesar Azpilicueta (Carlos Soler 87′); Pedri (Marcos Llorente 70′), Sergio Busquets, Gavi; Pablo Sarabia (Nico Williams 63′), Marco Asensio (Borja Iglesias 63′), Ferran Torres (Yeremi Pino 63′).

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer; Silvan Widmer, Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez (Renato Steffen 45′); Remo Freuler, Granit Xhaka; Djibril Sow (Denis Zakaria 68′), Xherdan Shaqiri (Dan Ndoye 68′), Ruben Vargas (Michel Aebischer 79′); Breel Embolo (Haris Seferovic 87′)

Editor: Yosep/Syahrul-ppl

Berita Lainnya