Dorong Ketahanan Pangan, Pemdes Sediakan Lahan Untuk Pertanian

SUKAJAYA-RADAR BOGOR, Pemerintah Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya merubah lahan pasca bencana, menjadi lahan pertanian.

Menyediakan lahan seluas 10 hektare, pihak pemdes manfaatkan anggaran dana desa 20 persen.

Kepala Desa Pasir Madang, Encep Sunarya mengatakan, kegiatan ini sebagai pemulihan pasca bencana dengan ditanami buah-buahan, serta pohon jangka panjang untuk menopang kontur tanah yang berkerjasama dengan BNPB dan IPB.

Baca juga: KRL CINTA, Kampung Ramah Lingkungan Pertama di Ciangsana

“Melalui ketahanan pangan untuk jangka menengah dan jangka pendek itu sumbernya dari pemerintah Desa tetapi untuk jangka panjangnya kita bekerjasama dengan Badan penanggulangan bencana nasional dan IPB University,” ungkapnya.

Namun, dalam pemulihan lahan, pria yang akrab disapa Jaro Encep menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan tanah seluas 10 hektare dan akan diperluas kembali.

“Saat ini lahan yang digunakan seluas 10 hektar dan akan berkelanjutan sehingga masyarakat bisa bertambah dalam segi pemberdayaan petani Desa pasir madang,” jelasnya.

“Kita upayakan untuk pemberdayaan masyarakat dalam upaya meningkatkan ekonomi sehingga bisa bergulir manfaatnya,” katanya. (Abi)

Editor: Rany

Berita Lainnya