Drainase Jalan Cihideung Ilir Amblas, Tapi Tak Masuk Perbaikan

Jalan Cihideung
Drainase ruas Jalan Cihideung Ilir di Desa Cihideung Ilir, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor yang amblas. JAENAL/RADAR BOGOR

CIAMPEA – RADAR BOGOR, Drainase ruas Jalan Cihideung Ilir di Desa Cihideung Ilir, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor amblas. Kondisi ini mengganggu arus lalu lintas karena hanya bisa dilewati satu kendaraan bergantian.

Baca Juga : Harga Kedelai di Pasar Ciampea Masih Tinggi, Ukuran Tempe Diperkecil

“Ya, drainase Jalan Cihideung Ilir yang ambrol sudah satu pekan dan belum ada perbaikan, ” ungkap warga Kampung Cihideung Ilir RR 4/04, Muksin kepada wartawan, Jumat (23/9/2022).

Muksin mengaku, saat hujan deras, air kerap meluap ke rumah warga karena buruknya drainase dan kondisi jalan juga sudah rusak. “Makanya kalau hujan, air dari saluran kerap meluap ke rumah warga yang berada di pinggir jalan,” keluhnya.

Senada dikatakan tokoh masyarakat Cihideung Ilir Komarudin. Ia mengaku dampak kerusakan Jalan Cihideung Ilir sangat signifikan. Apalagi sering ada pengendara motor yang terjatuh. “Mobilisasi kendaraan jadi terganggu karena hanya bisa dilalui satu jalur,” jelasnya.

Komarudin menuturkan, Jalan Cihideung Ilir merupakan akses penghubung Kecamatan Ciampea dengan Kecamatan Tenjolaya, sehingga perbaikan jalan sangat penting. “Saya berharap peningkatan Jalan Cihideung Ilir tidak asal-asalan, karena dampaknya sangat meluas,” tuturnya.

Baca Juga : Bantuan STB di Desa Cihideung Udik Banyak Yang Bermasalah

Terpisah, Pengamat UPT Infrastruktur Jalan dan Jembatan Wilayah IV Iyan Fitriawan mengungkapkan, untuk Jalan Cihideung Ilir yang jebol memang tidak masuk dalam RAB proyek jalan.

Tapi akan segera diperbaiki dengan dimasukan ke dalam adendum. “Intinya, secepatnya jalan yang jebol bakal kita perbaiki dengan dipasang book culvert, ” katanya. (abi)

Repoter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep

Berita Lainnya