logo radar

Lapak-lapak PKL Cifor Mulai Dibongkar, Ini Alasannya

Pedagang di sepanjang Jalan Cifor mulai membongkar lapaknya, Jumat (23/9). (Reka Faturachman/ RADAR BOGOR)

BOGOR-RADAR BOGOR, Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di sepanjang Jalan Raya Cifor, Bogor Barat bakal ditertibkan, Jumat (23/9). Beberapa lapak bahkan terlihat mulai dibongkar sendiri oleh pemiliknya.

Camat Bogor Barat, Abdul Rahman mengatakan, penertiban PKL dilakukan untuk menata kawasan tersebut. Ke depannya, akan banyak rencana pembangunan destinasi wisata yang bermuara pada wilayah Situ Gede.

Baca Juga: Lapaknya Ditertibkan, PKL SMPN 19 Kota Bogor Ngadu ke Dewan

“Di sana wacananya akan ada Kebun Raya Bogor 2, penangkaran ulat sutra, serta destinasi wisata Situ Gede. Jadi, ke depan akan lebih tertata dan nyaman,” jelasnya dikonfirmasi Radar Bogor, Jumat (23/9).

Berdasarkan catatannya, sebanyak 256 PKL yang terdaftar di sepanjang Jalan Raya Cifor. Didominasi pedagang kuliner dan buah-buahan.

Rahman berjanji akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk membina para pedagang PKL. Setidaknya, mereka juga bisa kembali berjualan melalui lahan relokasi.

“Saya juga akan usul ke pimpinan untuk mencari alternatif lahan kosong yang dapat digunakan sebagai tempat relokasi. Kita akan coba koordinasi dengan pemilik lahan di sana,” kata Abdul.

Kepala Satpol-PP Kota Bogor, Agustian Syach membenarkan, penertiban itu untuk menindaklanjuti pembangunan jalur pedestrian di sepanjang jalan tersebut. Penertiban dari timnya akan berlangsung pada Selasa (27/9) mendatang.

Satpol PP sudah melakukan berbagai upaya sosialisasi dan peringatan kepada para pedagang sejak lama. Baru-baru ini, pihaknya juga sudah melakukan rapat koordinasi bersama perwakilan PKL, Camat Bogor Barat, Lurah setempat di Aula Kecamatan Bogor Barat, Jumat (23/9).

“Semua sepakat untuk melakukan pembongkaran dan penertiban di sana. Pedagang juga tidak akan melakukan tindakan yang sifatnya kontraduktif dengan program pemerintah,” tutur Agus saat dihubungi Radar Bogor.

Baca Juga: Benahi PKL, Food Court BCC Siap Dibangun

Dirinya berharap pada saat pelaksanaannya penertiban dapat berlangsung dengan lancar dan tidak ada perlawanan. Sebab ia mengklaim pihaknya sudah membangun komunikasi dengan perwakilan pedagang secara intens.

Pantauan Radar Bogor pada Jumat (23/9) sore menunjukkan sejumlah lapak PKL sudah mulai dibongkar dan menyisakan barang-barang bekas di area tersebut. Beberapa pedagang terlihat sedang membakar bekas bangunan yang tersisa.(cr1)

Berita Lainnya