logo radar

Hore, Jalan-jalan di Kota Bogor Bisa Pakai Sepeda Listrik

sepeda listrik kota bogor
Launching sepeda listrik di Kota Bogor. (Dede Supriadi/ RADAR BOGOR)

BOGOR-RADAR BOGOR, Jalan-jalan di Kota Bogor kini sudah bisa lebih praktis dalln santai. Pasalnya, warga maupun wisatawan sudah bisa memakai sepeda listrik.

Baca Juga: Tahun Depan, Pejabat di Kota Bogor Mulai Pakai Mobil Listrik

Sepeda listrik secara resmi mengaspal di kawasan pedestrian Kota Bogor, Jumat (23/9). Sebanyak 665 unit sepeda listrik telah disiapkan yang akan tersebar di 100 titik penyewaan.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, sepeda listrik itu merupakan bentuk kerja sama antara pemkot Bogor dan PT Beam. Ia mengklaim, peresmian itu menjadi yang pertama di Indonesia.

“Ini adalah langkah awal kita dan kita berharap bus listrik juga sudah mulai beroperasi di Kota Bogor,” ucapnya.

Bima juga tak lupa mengimbau kepada pengendara agar menggunakan sepeda listrik di jalur sepeda atau kawasan pedestrian yang sudah ditentukan.

“Seperti yang kita contohkan dari jalan Ahmad Yani-Sudirman-Jalak Harupat-SSA ini. Kemudian, program sepeda listrik ini diharapkan bisa sampai ke Jalan Suryakencana-Pajajaran dan sebagainya. Untuk pengawasan nanti akan dilakukan Dishub. Dan ini sebagai fase sosialisasi,” tutur Bima.

Sementara itu, Head of Public Affairs and Goverment Relation PT Beam Mobility Indonesia, Ady Muzadi menuturkan, bagi warga yang ingin menggunakan fasilitas ini cukup mendownload aplikasi Beam, lalu memindai (scan) barcode yang ada di sepedanya.

Baca Juga: Puncak Hari Pelanggan Nasional, Bima Arya Mencoba Mobil Listrik

“Setelah di-barcode, kemudian bisa langsung dipakai. Pembayarannya bisa menggunakan digital payment,” tukasnya.

Selanjutnya, masih banyak kolaborasi kendaraan listrik operasional di Pemkot Bogor yang akan dimulai pada tahun ini untuk mendukung green transportation. Salah satunya, bus Perumda Transpakuan yang akan dikonversi menjadi bus listrik. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Imam Rahmanto

Berita Lainnya