logo radar

FALP 2022 Resmi Dibuka, Siapkan 10 Golden Ticket Masuk IPB University

HA IPB program Future Agile Leader Program (FALP), Jumat (23/9). (Dede Supriadi/ RADAR BOGOR)

BOGOR-RADAR BOGOR, Himpunan Alumni (HA) IPB kembali membuka program Future Agile Leader Program (FALP) tahun 2022, Jumat (23/9). Sebanyak 10 tiket kuliah gratis siap dibagikan untuk para calon mahasiswa.

Program yang merupakan angkatan kedua ini bertujuan untuk mencetak pemimpin eksponensial. Mereka bakal memberikan 10 tiket kuliah gratis di IPB University sampai lulus.

Baca Juga: Dosen Sekolah Vokasi IPB University Terapkan Teknologi Drone Agras di Lahan Petani Kopi Bogor

Ketua panitia, Ageiliana Tri Pamilih mengatakan, FALP meningkatkan kapasitas kepemimpinan para ketua organisasi atau ekstrakurikuler para pelajar setingkat SMA yang ada di seluruh Indonesia.

Para peserta dari seluruh Indonesia itu akan dibina secara khusus oleh para alumni terbaik dari IPB University selama bulan Oktober-Desember 2022. Mulai dari kapasitas kepemimpinan yang meliputi Seminar Series, Mentoring, Social Program Incubator dan Leadership Camp di IPB University.

“Kami mentargetkan bisa menjaring 5.000 peserta saat kegiatan Seminar Series. Dari 5.000 peserta tersebut akan kami seleksi menjadi 500 peserta untuk ikut program Mentoring,” katanya kepada wartawan, Jumat (23/9).

Nantinya, 50 peserta terbaik seantero nusantara itu akan melanjutkan tahap social program incubator dan Leadership Camp. Itu sekaligus menjadi puncak kegiatan dari FALP.

Peserta masih akan mengerucut hingga 10 orang. Mereka inilah yang berhak mendapatkan penghargaan berupa tiket Freepass untuk menjadi mahasiswa baru di kampus terbaik IPB University.

Menariknya, apabila dari 10 peserta terbaik yang diterima di IPB itu ada yang tidak mampu secara ekonomi maka ia akan mendapatkan beasiswa dari YAPI (Yayasan Alumni Peduli IPB).

“YAPI siap memberikan beasiswa kepada mereka yang tidak mampu dan kemudian kami gembleng untuk menjadi seorang leader, jadi sangat cocok dan berkesinambungan apabila YAPI memberikan beasiswa kepada mereka yang berasalah dari program FALP,” tambah Ketua Umum YAPI, Jamil Azzaini.

Baca Juga: Pemkot Bogor-IPB University Tandatangani Masterplan Agrowisata Halal Rancamaya

Harapannya, calon pemimpin yang lagir dari FALP merupakan sosok yang pandai membuat terobosan dan mendapat dukungan dari tim. Mereka itulah yang disebut-sebut sebagai ekspondensial leader.

Sekjen HA-IPB, Sukma menambahkan, FALP mempunyai tujuan ganda, yakni mengasah jiwa kepemimpinan para mentee program mentoring leader sekaligus menjaring para leader dari SMA sederajat untuk digembleng kapasitas kepemimpinannya.

“Sehingga motto dari Program Mentoring Leader yaitu Pempimpin Melahirkan Pemimpin, semakin terbukti dan teruji,” sambungnya.(ded)

Berita Lainnya