25 radar bogor

UNPAR Buka Jalur Tanpa Tes bagi Maba 2023, Tawarkan Beasiswa Biaya Awal Kuliah

Ilustrasi UNPAR Bandung
Ilustrasi UNPAR Bandung

BANDUNG-RADAR BOGOR, Universitas Katolik Parahyangan atau UNPAR Bandung membuka seleksi tanpa tes bagi calon mahasiswa baru tahun 2023 melalui seleksi program Penelusuran dan Kemampuan (PMDK) sejak 14 September 2021 hingga 11 November 2022.

Baca Juga : Dukung Kemajuan Mahasiswa Berprestasi, BRI Kembali Buka Beasiswa BRILiaN Scholarship

Peserta yang lolos seleksi PMDK nantinya akan mendapatkan beasiswa sampai dengan 50 persen biaya awal masuk kuliah. Adapun komponen biaya kuliah di UNPAR terdiri dari biaya awal, biaya SKS (Satuan Kredit Semester), dan sumbangan solidaritas.

Menjadi salah satu perguruan tinggi swasta favorit, dalam program seleksi PMDK ini calon mahasiswa tidak dipungut biaya pendaftaran. Para siswa/I yang mendaftar hanya perlu mengikuti ketentuan yang berlaku sebagaimana tertera di laman pmb.unpar.ac.id dan tentunya memiliki motivasi tinggi untuk melanjutkan studi di UNPAR.

Adapun program seleksi PMDK UNPAR tahun akademik 2023/2024 dilakukan secara online dengan mengisi/melengkapi formulir isian yang tersedia melalui laman pmb.unpar.ac.id.

Seleksi PMDK ini pun ditujukan bagi siswa/I kelas XII atau kelas 3 SMA/SMK/Sederajat di seluruh Indonesia pada tahun ajaran 2022/2023.

Jika pada jalur seleksi lain peserta bisa memilih sampai 3 pilihan Program Studi (Prodi), pada seleksi PMDK, peserta hanya dapat memilih 1 (satu) Prodi yang paling diminati dari 17 prodi yang tersedia di UNPAR. Selain itu, pendaftaran PMDK hanya dapat dilakukan satu kali.

Peserta juga wajib memenuhi persyaratan nilai rapor, yaitu Nilai Mata Pelajaran di SMA kelas X sampai dengan kelas XI (nilai teori dan praktik) tidak kurang dari Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Selanjutnya, jika terdapat 2 nilai (Nilai Wajib dan Peminatan) dalam satu Mata pelajaran, hanya diinput nilai Mata Pelajaran Wajib

Bagi peserta yang akan memilih program studi berikut, harap perhatikan syarat khusus:

● Prodi Arsitektur: mengirimkan hasil gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan.
● Prodi Teknik Kimia: Tidak Buta Warna (dibuktikan dengan mengupload Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata).
● Prodi Hubungan Internasional: Untuk setiap uraian/motivasi/testimoni ditulis dalam Bahasa Inggris
Kelengkapan berkas pendaftaran yang harus diunggah meliputi :
● Fotokopi rapor SMA kelas X dan kelas XI (semester 1 dan semester 2), yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah; legalisir rapor yang di-upload harus menunjukkan nilai yang sesuai dengan yang diinput oleh peserta
● Surat keterangan Jurusan SMA (rekomendasi sekolah), yang menyatakan siswa yang bersangkutan adalah benar siswa SMA kelas XII (kelas 3 (tiga) SMA) pada tahun akademik 2021/2022 dan menyatakan jurusan SMA yang bersangkutan.
● Untuk siswa yang bersekolah di sekolah Internasional, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan Ijazah (setara SMA)
● Untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan legalisir ijazah beserta fotokopi rapor kelas 1 s.d. kelas 3.
● Uraian/Motivasi (motivation letter) “Mengapa saya memilih UNPAR, dan alasan ingin studi pada program studi yang dipilih”, ditulis tangan maksimal 500 kata dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris. Untuk pilihan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional ditulis dalam Bahasa Inggris.
● Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke Program Studi Teknik Kimia.
● Hasil Gambar sesuai ketentuan yang diberikan (khusus pelamar program studi Arsitektur) dan hasil penulisan paper sesuai ketentuan yang diberikan.

8 Program Baru UNPAR

Baca Juga :Pendidikan Profesi Guru, 10.000 Beasiswa Telah Disiapkan

Mendekatkan kurikulum dengan kebutuhan nyata industri pun disajikan dalam 8 program peminatan terbaru UNPAR. Adapun program peminatan tersebut yaitu Data Science, Mekatronika, Bisnis Digital, Fisika Medis, Integrated Arts, Aktuaria, Chemical Business Development, serta Manajemen Bisnis Keluarga dan Kewirausahaan.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman pmb.unpar.ac.id atau melalui Layanan Informasi PMB UNPAR dengan mengirimkan pesan pada e-mail [email protected], telepon (022) 2032655 atau info lebih lanjut di akun @unparofficial (Instagram) dan @unpar (Official Line). (*/adv)

Editor : Yosep