logo radar

Kenalkan Mekanisme No-Self, PT Ekotalis Teknologi Indonesia Kembali Gelar Seminar Internasional One Health

Seminar One Health di IICC Botani Square, Kota Bogor, Kamis (22/9). (Sofyansyah/ RADAR BOGOR)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kondisi pandemi Covid-19 banyak mengubah aspek kehidupan manusia saat ini. Pengalaman traumatis yang ditimbulkan dari adanya pandemi mendorong adanya program efektif menuju penerapan konsep One Health yang lebih baik lagi.

Konsep ini merupakan pendekatan yang memastikan kesejahteraan bagi manusia, hewan, dan lingkungan.

Baca Juga: Sukseskan JKN-KIS, BPJS Kesehatan Bogor Jalin Kerja Sama dengan Media

Setelah sukses menggelar seminar internasional One Health pertama di Kota Bogor pada tahun 2019 lalu. PT Ekotalis Teknologi Indonesia kembali berkolaborasi dengan University of Naples Federico II, Italia menggelar seminar serupa di IPB International Convention Center pada Kamis (22/9).

Pada seminar ini, PT Ekotalis Teknologi Indonesia bersama Prof Stefano Mazzoleni dari University of Naples Federico II, menyampaikan prospek teknologi terobosannya bernama No-Self untuk melawan hama dan penyakit.

Direktur Ekotalis Teknologi Indonesia, Dr Taco Bottema mengatakan konsep One Health baru yang digulirkan tersebut dapat berlaku sama bagi seluruh bentuk kehidupan biologis.

“Mekanisme No-Self membuat aliran aplikasi One Health menjadi sempurna. Potensi ini baik bagi kesehatan manusia, tumbuhan, dan hewan yang sangat besar,” ucapnya.

Teknologi No-Self yang ditemukan di Italia ini memungkinkan penargetan penyakit dan mikroorganisme tertentu tanpa efek samping pada manusia dan lingkungan. Teknologi ini akan digunakan dalam ilmu, kehidupan manusia dan juga bagi bidang pertanian.

Selain itu, Taco mengatakan mekanisme No-Self juga dapat mendorong industri agribisnis di Indonesia menjadi lebih sehat. Sebab tidak lagi banyak menggunakan bahan kimia.

Dirinya berharap konsep tersebut dapat membuat perubahan bagi generasi ke depan.

“Bukan hanya memperbaiki dasar dan struktur agribisnis tapi juga meningkatkan responsibilitas berpikir masyarakat serta kesuburan alam Indonesia,” imbuhnya.

Oleh sebab itu menurutnya peluncuran kembali konsep One Health perlu dipadukan dengan langkah nyata pemerintah Indonesia sehingga dapat memberikan manfaat bagi negara ini.

Penasihat PT Ekotalis Teknologi Indonesia, Prof Bungaran Saragih mengatakan seminar tersebut menjadi kesempatan bagi para dokter manusia, hewan, dan tumbuhan berdiskusi terkait kesatuan kesehatan.

Baca Juga: Bahas Pelayanan Kesehatan Penduduk Miskin, Dinkes Sebut 4,6 Persen Warga Kota Bogor belum Terdaftar di BPJS

“Kita mengharapkan adanya pertukaran pikiran dengan begitu nanti isu-isu yang akan kita pikirkan lebih lanjut agar dapat menciptakan inovasi dan teknologi ubtuk memperbaiki kesehatan secara keseluruhan,” ujar Menteri Pertanian periode 2000-2004 ini.

Ia menilai digelarnya seminat tersebut dapat mendorong penanganan penanganan penyakit sehingga jauh lebih efektif. (cr1)

Berita Lainnya