SMPIT Ummul Quro Kirim Siswa Ikuti Tapakan Garuda di Cimandala

SMPIT Ummul Quro
Sebanyak 20 orang siswa SMPIT Ummul Quro Bogor mengikuti Tapakan dan Inaugurasi Pramuka Garuda Kwartir Cabang Kabupaten Bogor 17-18 September di Bumi Perkemahan Cimandala, Sukaraja.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 20 orang siswa SMPIT Ummul Quro Bogor mengikuti Tapakan dan Inaugurasi Pramuka Garuda Kwartir Cabang Kabupaten Bogor 17-18 September di Bumi Perkemahan Cimandala, Sukaraja.

Baca Juga : Siapkan Mental Jelang UNBK, Ratusan Pelajar SMPIT Ummul Quro Doa Bersama

Tapakan Garuda dan inaugurasi Pramuka Garuda diikuti ratusan siswa pramuka dari mulai siaga, penggalang, penegak dan pandega.

Siswa SMPIT Ummul Quro yang lolos mengikuti Tapakan Garuda Kwartir cabang Kabupaten Bogor, adalah siswa yang telah mengikuti tes di tingkat Kwartir Ranting Kemang tanggal 10 September lalu yaitu 10 orang siswa putra dan 10 orang siswa putri kelas 9.

Pramuka penggalang yang mengikuti Tapakan Garuda harus menyiapkan berbagai perlengkapan mulai dari perlengkapan berkemah, perlengkapan masak, perlengkapan latihan (tongkat, Kompas, tali tambang, semaphore, pluit, papan jalan), perlengkapan alat tulis dan perlengkapan pribadi.

Kegiatan seru dan menarik di hari pertama diikuti ratusan peserta tapakan pramuka, termasuk perwakilan dari SMPIT Ummul Quro mulai dari mendirikan tenda di hari pertama kemudian upacara pembukaan, dinamika kelompok dan kegiatan bermanfaat berupa belajar peta pita, pioneering (meja makan, jemuran dan rak sepatu).

Kemudian menaksir ketinggian, arus, sungai dan lebar sungai serta P3K yaitu cara pembalutan luka serta belajar ragam sandi.

Hari pertama diakhiri kegiatan pentas seni dan penampilan hasta karya peserta.

Hari kedua rangkaian kegiatan Tapakan Garuda, ratusan peserta mengikuti senam dan baris berbaris serta penyampaian tanda kecakapan, tanda pengenal dan sturktur Gerakan pramuka, menampilkan hasta karya serta penguatan dan tindak lanjut pramuka garuda serta ditutup dengan kegiatan inaugurasi.

Koordinator Pembina Gudep SMPIT Ummul Quro Aris Purwanta menyampaikan Pramuka Garuda adalah capaian tertinggi seoramg anggota pramuka di golongannya.

“Tapakan Garuda ini bisa menjadi motivasi, pelajaran dan inspirasi bagi peserta. Termasuk peserta dapat memahami nilai-nilai luhur kegiatan pramuka dan juga mengasah berbagai keterampilan,” ujarnya. (*/ysp)

Editor : Yosep

Berita Lainnya