ODGJ di Puncak Terus Bertambah, Masalah Ini jadi Pemicunya

ODGJ di Puncak
Seorang perawat di Yayasan Silih Asih Megamendung tengah merawat salah ODGJ di Puncak.

MEGAMENDUNG – RADAR BOGOR, Jumlah orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ di Puncak, Kabupaten Bogor terus bertambah. Salah satunya ODGJ yang dirawat di Yayasan Silih Asih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Remaja Bogor Dibacok ODGJ di Kepala, Pelaku Masih Buron

Dalam waktu satu tahun terakhir, terdapat 14 ODGJ yang masuk dan dirawat di Yayasan Silih Asih, 20 ODGJ dirawat secara home care. “Iya, ODGJ di Puncak terus bertambah,” kata Pengasuh Panti Sosial, Nani Rohaeni kepada Radar Bogor Selasa (20/9/2022).

Nani memaparkan, hampir setiap bulan ada satu hingga dua warga yang mengalami ODGJ. “Saat ini penambahan ODGJ di Panti Sosial Silih Asih sampai September 2022 ada 14 orang serta jompo 3. Luar panti 20 orang kita home care, anak yatim binaan sekira 140 anak,” paparnya.

Nani menuturkan, pemicu meningkatnya ODGJ di Puncak ini akibat faktor ekonomi hingga depresi. “Kebanyakan depresi dan faktor ekonomi,” paparnya.

Panti Sosial ODGJ Silih Asih saat ini memiliki lima perawat. Pihaknya terkendala minimnya anggaran. Nanin mengatakan, selama ini biaya ODGJ anggarannya dari titipan keluarga dan kiriman dari dinsos serta teman-teman relawan.

“Saya berharap untuk kepihak pemerintah dinas sosial lebih memperhatikan terhadap ODGJ yang ada di Kabupaten Bogor ini. Selama ini alhamdulillah dinas sosial selalu men-support memberikan kemudahan,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep

Berita Lainnya