Pergerakan Tanah di Cigudeg, Akses Jalan Kampung Cibugis Terputus

Pergerakan Tanah di Cigudeg
Kondisi akses jalan di Kampung Cibugis, Desa Banyuwangi, Kecamatan Cigudeg yang rusak akibat pergerakan tanah.

CIGUDEG – RADAR BOGOR, Bencana pergerakan tanah yang melanda Kampung Bugis, Desa Banyuwangi, Kecamatan Cigudeg pada Sabtu (17/9/2022) membuat akses jalan terputus.

Baca Juga : Cigudeg Dilanda Pergerakan Tanah dan Longsor, 23 KK Mengungsi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor pun meminta masyarakat  tak melewati akses jalan di Kampung Bugis tersebut.

“Akibat bencana ini warga di Kampung Cibugis sempat terisolir. Total ada 50 jiwa, tapi sudah direlokasi ke Kampung Kembang Wangi,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko kepada wartawan, Minggu (18/9/2022).

Ia menjelaskan, akses Jalan Kampung Cibugis belum bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat karena masih terjadi pergerakan tanah. “Tanah masih bergerak di wilayah tersebut, akses jalan belum bisa dilewati kendaraan,” ungkapnya.

Untuk sementara warga dan petugas membuatkan jalan darurat ada ada akses buat melintas setiap harinya. “Yang jelas warga telah diimbau untuk tidak beraktivitas di sekitaran longsoran, sebagian warga telah kembali ke rumah masing-masing di Kembang Wangi,” tambahnya.

Saat ini, Tim TRC beserta aparat desa bergantian memonitoring lokasi pergerakan tanah karena strukturnya yang masih labil. Dikhawatirkan apabila hujan turun akan terjadi pergerakan tanah kembali. (abi)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep

Berita Lainnya