25 radar bogor

Gempa Tektonik Guncang Kabupaten Sukabumi, Segini Kekuatannya  

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi

SUKABUMI-RADAR BOGOR, Wilayah Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik, Minggu (18/9/2022) dini hari pukul 02:38 WIB.

Baca Juga : Pangandaran Diguncang Gempa Bumi Tektonik M 4,2, Warga Diimbau Tetap Tenang

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3,8. Episenter terletak pada koordinat 7.64 LS dan 106.37 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 km Barat Daya Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 41 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto dalam keterangan tertulisnya.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kabupaten Sukabumi dengan Skala Intensitas II – III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang – Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Baca Juga : Maluku Barat Daya Diguncang Gempa Bumi M 5,1, Tak Berpotensi Tsunami

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.
Hingga pukul 07:21 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (net/ysp)

Editor : Yosep