25 radar bogor

Cigudeg Dilanda Pergerakan Tanah dan Longsor, 23 KK Mengungsi

Pergerakan Tanah di Cigudeg
Kondisi akses jalan di Kampung Cibugis, Desa Banyuwangi, Kecamatan Cigudeg yang rusak akibat pergerakan tanah.

CIGUDEG – RADAR BOGOR, Sebanyak 23 kepala keluarga mengungsi akibat terdampak longsor dan pergerakan tanah di Kampung Cibugis, Desa Banyuwangi, Kecamatan Cigudeg Sabtu (17/9/2022) pukul 08.30 WIB. Untuk sementara akses jalan tidak bisa dilewati.

Baca Juga : Mayat Pemuda di Sungai Cidurian Gegerkan Warga Cigudeg

Camat Cigudeg Pardi mengatakan, wilayah tersebut memang rawan longsor dan pergerakan tanah. Tahun 2017 pernah terjadi bencana yang sama bahkan masyarakatnya sempat direlokasi .

“Waktu 2017 sudah pernah direlokasi karena terdampak bencana yang sama, dan mereka mengganggap aman, tapi kalau kita lebih mengutamakan keselamatan,” ungkap Pardi ketika dikonfirmasi Minggu (18/9/2022).

Menurutnya, saat ini masih banyak warga yang bertahan dirumahnya karena menjaga hewan ternak dan barang berharga lainnya.

Namun, akses jalan penghubung ke Kampung Cibugis cukup parah dengan kondisi retak sehingga masyarakat diimbau tetap waspada, karena hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki.

“Total ada 23 KK yang terdampak bencana tersebut, dan untuk mengantisipasi longsor susulan sudah di evakusi ke tempat lebih aman karena lokasinya berada di pegunungan,” ucapnya.

Baca Juga : Pergerakan Tanah di Babakan Madang, Jalan Hingga Musala Retak

Saat ini, pihak desa dan kecamatan terus melakukan assessment di lokasi bencana pergerakan tanah untuk mengupdate kondisi terkini dengan berkoordinasi BPBD Kabupaten Bogor.

“Tim gabungan masih berada di lokasi untuk melihat kondisinya, karena akses jalan yang rusak berada di tengah dengan panjang sekitar 100 meter,” tuturnya. (abi)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep