Autodidak Belajar Bercocok Tanam, Edgar Suratman Suka Berbagi Ketika Panen

Ketua PMI Kota Bogor, Edgar Suratman. (Dede Supriadi/ RADAR BOGOR)

BOGOR-RADAR BOGOR, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bogor Edgar Suratman punya kegiatan lain selepas purnabakti sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Salah satunya, selain kegiatan olahraga yakni bercocok tanam.

Baca Juga: Peringati HUT ke-77 PMI, Ribuan Warga Senam Massal di Sempur

Dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang ada, siapa sangka kegiatannya itu sudah membuahkan hasil. Mulai dari tanaman hias, hingga tanaman buah-buahan.

“Selama dinas mungkin terlupakan kegiatan kaitan dengan becocok tanam, padahal ini bagian dari rasa bersyukur kita karena hasil dari panen buah juga bisa kita bagikan,” kata Edgar.

Bercocok tanam, baik tanaman hias maupun buah-buahan, ditekuninya secara autodidak. Ia kerap belajar sendiri dengan berbekal buku yang dimilikinya.

“Alhamdulillah menjadi kepuasan tersendiri ketika tumbuh dan pohonnya berbuah,” ucapnya.

Ada beberapa tanaman buah yang kini sudah menghasilkan buah, pertama ada delima, jambu Brazil, jambu kristal, hingga anggur.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor itu menganggap hobinya itu tidaklah sulit. Asalkan semua tanaman jenis apapun dirawat dengan hati.

Baca Juga: Bogor Flora Festival 2022, Kembangkan Potensi Pasar Tanaman Hias

“Yang sulit itu tidak rutin merawat setiap hari, karena semua makhluk hidup juga sama sepeti manusia membutuhkan makan. Tanaman juga kan harus dipupuk, disiangi, dan disiram. Kalau tidak , yak an gak mungkin tumbuh,” tandasnya.(ded)

Berita Lainnya