25 radar bogor

Soal Wacana Jadi Cawapres 2024, Jokowi : Itu Isu dari Siapa?

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

JAKARTA-RADAR BOGOR, Presiden Jokowi buka suara soal muncul wacana dirinya bisa maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga : Wacana Jokowi Jadi Cawapres Prabowo, Waketum Gerindra : Sedang Dalam Proses

Jokowi menyampaikan, sudah banyak memberikan penjelasan terkait isu presiden tiga periode dan perpanjangan masa jabatan presiden. Karena itu, Jokowi menegaskan isu-isu itu bukan berasal dari dirinya.

“Sejak awal saya sampaikan, bahwa ini yang menyampaikan bukan saya,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/9/2022).

“Urusan tiga periode sudah saya jawab. Begitu saya jawab, muncul lagi yang namanya perpanjangan, juga sudah saya jawab,” tegasnya.

Terkait dengan wacana calon wakil presiden (cawapres), Jokowi kembali menegaskan isu itu juga bukan darinya. Namun, kali ini dia tak mau lagi memberi penjelasan.

“Ini muncul lagi jadi wapres, itu isu dari siapa? Kalau dari saya, saya terangkan. Kalau bukan dari saya, saya nggak mau terangkan,” tegas Jokowi.

Isu wacana Jokowi bisa maju sebagai cawapres 2024 berawal dari pernyataan Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono.

Dia menyebut tidak ada aturan yang melarang seorang presiden yang sudah menjabat dua periode, maju sebagai cawapres.

“Soal Presiden yang telah menjabat dua periode lalu mencalonkan diri sebagai cawapres, itu tidak diatur secara eksplisit dalam UUD,” ucap Fajar Laksono kepada wartawan, Senin (11/9/2022).

Baca Juga : Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bogor Ungkap Bedanya Kenaikan Harga BBM Jaman SBY dan Jokowi

Karena itu, Fajar menuturkan tidak terdapat adanya larangan bagi presiden dua periode untuk menjadi wakil presiden di periode berikutnya.

”Secara normatif mau dimaknai boleh sangat bisa. Secara etika politik dimaknai tidak boleh, bisa juga. Tergantung argumentasi masing-masing,” pungkas Fajar. (jpg)

Editor : Yosep