Sukseskan JKN-KIS, BPJS Kesehatan Bogor Jalin Kerja Sama dengan Media

BOGOR-RADAR BOGOR, BPJS Kesehatan Cabang Bogor melakukan media visit ke Kantor Harian Radar Bogor, Jumat (16/9/2022).

Manager Iklan Radar Bogor, Erwin Sopian dan Manager Pemasaran Ikhsan Halil menyambut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bogor Fahrurozi beserta jajarannya.

Pada kesempatan itu, Kepala BPJS Cabang Bogor, Fahfurozi berdiskusi banyak keterkaitan media massa dengan program jaminan kesehatan nasional JKN-KIS dan Mobile JKN.

Baca juga: Hendak Ambil BLT BBM Warga Parung Panjang Meninggal

“Peran media memiliki andil yang besar dalam penyebaran informasi khususnya Program JKN-KIS dan inovasi kemudahan layanan Mobile JKN, dimana peserta BPJS sekarang tak perlu antre di kantor BPJS dan antre di rumah sakit,’’ kata Fahfurozi.

Untuk Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan sebagai pengelola telah menyediakan aplikasi khusus, agar mempermudah peserta JKN-KIS dalam mengakses informasi.

Mobile JKN merupakan aplikasi yang dapat diakses melalui gadget yang dapat diunduh melalui playstore ataupun appstore.

Melalui aplikasi ini semua layanan dan informasi penting peserta dapat di akses dalam satu genggaman.

Dalam aplikasi Mobile JKN terdapat menu peserta, ubah data peserta, ketersediaan tempat tidur, pendaftaran pelayanan, premi, konsultasi dokter, jadwal tindakan operasi, skrining kesehatan, obat yang ditanggung, catatan pembayaran, pendaftaran peserta, pembayaran, riwayat pelayanan, informasi dan pengaduan, info JKN, lokasi dan skrining mandiri Covid-19.

“Saat ini di kantor cabang tinggal tiga loket pelayanan saja. Ini hanya kami berikan kepada warga yang betul-betul tidak memiliki smartphone atau lanjut usia,’’ tegasnya.

Hingga saat ini sudah tidak ada lagi berita negatif tentang BPJS karena masifnya sosialisasi BPJS dengan media massa.

Kedepan, kerjasama BPJS Kesehatan dengan Radar Bogor bisa lebih kuat lagi terutama untuk sosialisasi di media sosial Radar Bogor.

Harapannya tak lain agar kerjasama dengan media ini bisa bersinergi menyukseskan Program JKN-KIS.

Sementara itu, Manager Iklan Radar Bogor Erwin Sopian mengaku senang atas kunjungan pihak BPJS Kesehatan Cabang Bogor.

“Kami sangat mengapresiasi atas kunjungan dari BPJS Kesehatan Cabang Bogor, sehingga kami bisa bersilaturahmi dan saling bertukar pikiran tentang media dan tentu saja mendapatkan informasi lebih mengenai Program JKN-KIS dan Mobile JKN,” tuturnya.

Terlebih program mobile JKN ini telah memutus budaya antrean di kantor BPJS.

Terlebih Harian Radar Bogor sudah pernah membuat tulisan antrean di kantor BPJS mulai pukul 4:00 WIB atau sebelum subuh dengan meletakkan helm, botol minuman, sandal dan penanda antrian lain.

“Berkat tulisan ini Radar Bogor diganjar penghargaan Dahlan Iskan Award, tapi sekarang antrean itu sudah tidak ada lagi,’’ tegasnya.

Sebagai wujud tanda kasih, Kepala BPJS Cabang Bogor Fahfurozi memberikan kenang-kenangan berupa plakat kepada Radar Bogor atas dukungan mereka terhadap Program JKN-KIS melalui publikasi di media cetak dan online serta medsosnya. (unt)

Editor: Rany

Berita Lainnya