Mahasiswa KKN FE Unida Bantu Kembangkan UMKM Desa Cijayanti Lewat Pencatatan Keuangan dan Pemasaran Digital

Unida
Mahasiswa KKN FE Unida didampingi Dosen Pembimbing Lapangan Susy Hambani, SE., MH. membantu kembangkan usaha tahu susu di Desa Cijayanti (30 Juli 2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Kelompok 1 Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda atau KKN FE Unida didampingi Dosen Pembimbing Lapangan Susy Hambani, SE., MH. membantu kembangkan usaha tahu susu di Desa Cijayanti (30 Juli 2022).

Baca Juga : KKN di Desa Citapen, Mahasiswa Fisipkom Unida Bantu Maksimalkan Potensi Desa 

Kegiatan ini berfokus pada peningkatan efisiensi pencatatan laporan keuangan dan pemasaran digital  UMKM Desa Cijayanti, agar pelaku usaha dapat mengembangkan usahanya dan mendapatkan pasar yang lebih luas.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan para pelaku usaha dalam mengelola dan membukukan keuangan usahanya, sehingga pemasukan dan pengeluaran keuangan tidak tercatat dengan jelas dan rapi.

Selain itu, kurangnya promosi dan pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam memasarkan produknya, mengakibatkan ruang lingkup pasar yang didapat hanya sekitaran desa, tidak menjangkau daerah-daerah yang jauh seperti di kota atau di luar kota.

Pencatatan laporan keuangan sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Melalui pembukuan, pemilik UMKM dapat melihat kondisi dan perkembangan bisnis, termasuk keuntungan dan kerugian perusahaan. Dengan ini, pembukuan dapat dijadikan patokan dalam merancang strategi bisnis kedepannya.

Selain pencatatan laporan keuangan, pemasaran digital juga perlu dimaksimalkan oleh pelaku UMKM. Karena manfaat yang didapatkan sangat besar yaitu memudahkan interaksi dengan pelanggan, menekan biaya promosi dan menjangkau lebih banyak konsumen.

Mahasiswa KKN FE kelompok 1 Unida memiliki program kerja untuk membantu 2 UMKM di Desa Cijayanti yaitu UMKM Tahu Susu Priyayi yang dikelola oleh bapak H. Taufik dan UMKM kerajinan tangan buket Nara Craft yang dikelola oleh ibu Lesni Widya ningsih.

Kegiatan pertama mahasiswa melakukan pelatihan pencatatan keuangan yang sederhana kepada UMKM Tahu Susu Priyayi. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang proses pembuatan pembukuan keuangan sederhana dengan cara pemberian beberapa contoh transaksi ekonomi dan cara penyelesaiannya serta pembagian buku kas debit/kredit kepada H. Taufik untuk memudahkan mereka dalam proses penjurnalan.

Tidak hanya itu, mahasiswa pun melakukan pembaruan logo usaha dan memberikan inovasi pada kemasan tahu susu agar terlihat lebih menarik dan menjual untuk mengundang daya tarik konsumen.

Baca Juga : Internalisasi 21 Nilai Karakter Tauhid, Cara Unida Sambut Mahasiswa Baru

Kegiatan kedua Mahasiswa KKN FE kelompok 1 Unida membantu mendaftarkan usaha Nara Craft pada google my business dan lokasi pada google maps, Selain meningkatkan penjualan, Google My Business bisa menciptakan kredibilitas bisnis yang positif.

Lalu mahasiswa membuatkan akun Instagram dan akun Shopee sebagai alat promosi dan pemasaran untuk mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas. Selain itu mahasiswa KKN juga memberikan tips mengenai cara mengiklankan produk yang efektif kepada UMKM Nara Craft. (*/adv)

Editor : Yosep

Berita Lainnya