Datang ke Kota Bogor, Menpan-RB Dorong Seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia Miliki MPP

Menpan RB saat mengunjungi MPP KOta Bogor
Menpan RB saat mengunjungi MPP KOta Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas takjub saat melihat keberadaan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bogor di Lippo Mall Keboen Raya, Jumat (16/9/2022).

Pria yang kerap disapa Anas itu mengapresiasi MPP Kota Bogor, sekaligus mengharapkan seluruh kabupaten/kota se-Indonesia juga memiliki MPP.

“Saya senang hari ini melihat MPP-nya. Lihat ada beberapa pelayanan yang sebagian tidak ada di tempat lain, misalnya pelayanan dari provinsi ada di tempat ini,” kata Anas kepada wartawan, Jumat (16/9/2022).

Menurutnya, bersama Kemenpan-RB sedang mendorong seluruh kabupaten/kota di Indonesia agar segera memiliki MPP. Dimana hal tersebut menjadi target prioritas Kemenpan-RB.

“Jadi MPP menjadi salah satu concern Kemenpan-RB mendorong pelayanan yang teritegrasi. Dan harapan kita di sini juga ada klinik Online Single Submission (OSS) supaya orang OSS ini ga semua tahu. Dan ke depannya orang lebih mudah mendapatkan layanan,” ucapnya.

Baca juga: Dua Bulan Tutup, MPP Beroperasi Lagi

Menurut Anas, keberadaan MPP di kabupaten/kota bergantung pada inovasi dan kreatifitas pemerintah daerah masing-masing. Dari target 504, diketahui baru 67 kabupaten/kota yang sudah memiliki MPP.

“MPP ini bisa menjadi legacy bagi pemerintah daerah,” ujarnya.

Anas juga mengungkapkan alasan beberapa daerah hingga saat ini belum memiliki MPP. Menurutnya, kendala yang dimiliki pemerintah daerah yakni tempat, anggaran, dan sistem.

MPP yang ada di Kota Bogor pun menurutnya bisa menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain untuk segera menyediakan MPP di daerahnya.

“Kalau mau inovasi seperti Jawa Barat di beberapa tempat kan kreatif wali kotanya. Dapat CSR, gunakan tempat strategis, saya kira ini bagus. Kota Bogor bisa jadi contoh,” tukasnya.(ded)

Editor: Rany

Berita Lainnya