logo radar

Wacana Jokowi Jadi Cawapres Prabowo, Waketum Gerindra : Sedang Dalam Proses

Jokowi Jadi Cawapres Prabowo
Ilustrasi wacana Jokowi Jadi Cawapres Prabowo pada Pemilu 2024 mendatang.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Wacana Jokowi jadi cawapres Prabowo pada Pemilu 2024 mendatang mencuat di tengah perpolitikan tanah air yang mulai memanas.

Baca Juga : Prabowo Diajak Puan Jadi Cawapresnya, Gerindra : Mimpi Apa Puan!

Wacana itu mendapat tanggapan dair Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Habiburokhman. Menurut dia, tetap ada kemungkinan bagi Jokowi jadi cawapres Prabowo.

“Kalau kemungkinan, ya ada saja,” kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (14/9/2022).

Meski begitu, sampai detik ini Gerindra masih belum memutuskan siapa cawapres yang merika diboyong untuk Pemilu 2024 mendatang. “Sedang dalam proses. Pada saatnya akan diumumkan,” tuturnya menambahkan.

Kemudian Habiburokhman menegaskan soal kemungkinan Jokowi jadi cawapres Prabowo. Ia menjelaskan bahwa kemungkinan yang dimaksud yakni adanya ‘izin’ dari peraturan konstitusi.

“Secara konstitusi kan dipertegas oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Tanpa putusan MK kan juga sudah jelas, bisa (Pak Jokowi jadi cawapres),” ungkapnya.

Jika ketentuan MK memperbolehkan, maka benar saja memang ada kemungkinan Jokowi jadi cawapres Prabowo. Akan tetapi nantinya apabila ada izin yang dikeluarkan dari konstitusi, tidak sertamerta mempermudah jalan Jokowi untuk jadi cawapres.

Baca Juga : Pengamat: Meskipun Ada Prabowo dan Puan, Airlangga Tetap Berpeluang Menangi Pilpres

Terlebih masih ada sejumlah pertimbangan lain yang tidak kalah penting yang merujuk pada kemungkinan itu sendiri.

“Kalau secara konstitusi memungkinkan, tapi dalam konteks politik ya itu bukan kewenangan saya. Kewenangannya ada di Pak Prabowo kalau Partai Gerindra,” tegas Habiburokhman. (net/dis)

Editor : Yosep

Berita Lainnya