25 radar bogor

Pelatih Timor Leste Sebut Timnas U-20 Indonesia Tunjukan Kualitas yang Baik

Pemian Timnas U-20 Indonesia Marselino Ferdinan berebut bola dengan pemain Timor Leste dalam matchday perdana Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya Rabu (14/9/2022) malam.

SURABAYA-RADAR BOGOR, Laga perdana Timnas U-20 Indonesia pada kualifikasi Piala Asia U-20 2023 berjalan sempurna. Dalam matchday perdana Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya Rabu (14/9/2022) malam, Indonesia mengandaskan Timor Leste dengan skor telak 4-0.

Baca Juga : Kualifikasi Piala Asia U-20, Timnas Indonesia Tak Boleh Remehkan Timor Leste

Striker Timnas U-20 Indonesia Hokky Caraka menjadi bintang dalam pertandingan ini. Dia mencetak tiga gol pada menit ke-12, 30′, dan 49′. Sedangkan satu gol lain diciptakan oleh Rabbani Tasnim Saddiq pada menit ke-89.

Gol Rabbani ini lahir dalam situasi yang unik. Dia mencetak gol lewat tandukan, meneruskan lemparan ke dalam dari Robi Darwis.

“Indonesia menunjukkan kualitas yang baik. Tetapi saya kira, dalam pandangan saya, kami berada dalam proses untuk bertumbuh. Dan saya bangga dengan permainan kami. Kami punya peluang pada babak pertama, namun sayangnya kami kalah dalam pertandingan ini,” ucap pelatih Timor Leste Gopalkrishnan A.S. Ramasamy dalam konferensi pers setelah laga.

Kekalahan dengan skor 0-4 ini, menurut Gopalkrishnan, lahir karena para pemainnya tidak mampu untuk menerapkan strategi counterattack dengan baik.

Untuk menghadapi Indonesia, Timor Leste memang memilih untuk bermain pasif. Mereka menunggu untuk kemudian menggebrak melalui serangan balik cepat.

Apalagi, tambah Gopalkrishnan, pihaknya sejatinya sudah memperkirakan arah serangan Indonesia.

“Kalau kami bisa menjalankan taktik counterattack, kami tentu memiliki peluang. Tetapi kami tidak bisa memanfaatkan itu. Gol keempat Indonesia misalnya, lahir akibat konsenterasi kami yang menurun,” ucap Gopalkrishnan.

Kemenangan ini menempatkan Timnas U-20 Indonesia di posisi kedua klasemen sementara Grup F. Anak asuhan Shin Tae-yong tersebut berada di bawah Vietnam yang juga mengoleksi tiga poin.

Namun, Vietnam unggul dalam produktifitas mencetak gol. Pada laga perdana yang berlangsung sebelum laga Indonesia kontra Timor Leste, Vietnam membekap Hongkong dengan skor 5-1.

Dinh Xuan Tien mencetak dua gol bagi Vietnam pada menit ke-25 dan 51. Sedangkan tiga gol Vietnam lainnya lahir dari Nguyen Quoc Viet pada lewat eksekusi penalti pada menit ke-32, lalu Khuat Van Khang pada menit ke-58, dan Nguyen Duc Ahn pada menit ke-90+4. Satu-satunya gol Hongkong lahir dari eksekusi penalti Ellison Tsang pada menit ke-69.

Timnas U-20 Indonesia akan kembali bertanding pada 16 September mendatang pada matchday kedua. Yakni berhadapan dengan Hongkong. Sedangkan Timor Leste akan berhadapan dengan Vietnam.

“Kami akan mencoba bangkit, meningkatkan kualitas fisik untuk menghadapi laga kedua melawan Vietnam. Kami optimistis karena kami punya pertahanan yang baik. Secara fisik kami sakit (karena banyak yang kram). Tetapi kami akan bangkit,” tambah Gopalkrishnan.

Laga terakhir Indonesia adalah saat berhadapan dengan Vietnam pada 18 September. Semua pertandingan itu berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (jpg)

Editor : Yosep