25 radar bogor

KRL, Diharap Jadi Solusi Masalah Sampah di Puncak

Camat Cisarua saat berkunjung ke KRL.

CISARUA-RADAR BOGOR, Masalah sampah, masih menjadi kendala besar di Kawasan Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Camat Cisarua, Ivan Pramudia mengatakan, permasalahan sampah di puncak menimbulkan banyak dampak negatif. Terlebih jika sampah tidak dikelola dengan baik. Diantaranya banjir.

“Jadi sampah yang ada di wilayah puncak ini harus segera diatasi selain bau dan kumuh serta mengundang penyakit terutama dalam hal demam berdarah, juga jadi penyebab banjir. Untuk itu, Kampung Ramah Lingkungan (KRL) ini menjadi solusi mengatasi permasalahan sampah di Cisarua ini,” kata Ivan kepada Radar Bogor Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Sudah Berikan Tanda-tanda, Minimarket di Pasirjambu Ambruk

Ivan memaparkan, di Cisarua ini, belum banyak masyarakat yang paham cara mengelola sampah dengan baik. Untuk itu, pembentukan KRL ini menjadi cara agar sampah bisa dikelola dengan baik.

“Kita sudah lihat satu KRL yang ada di Cisarua ini. Yakni di Desa Kopo. Saya harap KRL ini ada di semua desa yang ada di puncak Cisarua,” harapnya.

Ivan memaparkan, dengan banyaknya KRL, selain mampu menangani masalah sampah, juga mengantisipasi bencana banjir serta wabah penyakit.

“Terlebih saat ini musim hujan, untuk mencegah banjir yakni dengan membangun KRL ini. Sehingga tidak ada lagi namanya banjir lintasan akibat saluran air tersumbat,”tukasnya. (all)

Editor: Rany