25 radar bogor

Kerap Terjadi Gangguan, Perumda Tirta Pakuan Fokus Perbaikan Distribusi Air

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf

BOGOR-RADAR BOGOR, Perumda Tirta Pakuan tengah fokus melakukan perbaikan distribusi air sebagai upaya meningkatkan pelayanan air kepada pelanggan.

Diketahui, saat ini banyak pelanggan yang mengeluhkan aliran air yang kecil dan tidak mengalir 24 jam, yang disampaikan lewat media sosial Perumda Tirta Pakuan.

Tak tinggal diam, Perumda Tirta Pakuan pun bergerak cepat menanggapi keluhan pelanggan.

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf mengatakan, ada beberapa penyebab aliran air tidak 24 jam dan aliran yang kecil kepada pelanggan.

Baca juga: Operasi Pasar Murah Kota Bogor Kedapatan Gunakan Kantong Plastik, Sekda Bilang Gini

“Dari yang kita lihat, memang hal itu disebabkan beberapa hal. Salah satunya kebocoran pipa di beberapa titik. Terutama pada pipa-pipa lama di jalur distribusi air ke pelanggan,” katanya kepada awak media, Kamis (15/9).

Menurutnya, permasalahan kebocoran pada pipa lama salah satunya ada di gangguan sambungan. Seperti jaringan pipa yang sudah lama dan mengalami aus.

Selain itu, kata dia, Kota Bogor belakangan mengalami hujan deras yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap jaringan distribusi.

“Indikasi kami ke arah sana. Belum lagi ada pergerakan tanah yang mempengaruhi juga. Kita ambil contoh pipa di Jalan Ir H Juanda, ada tiga titik (yang mengalami gangguan) dengan jarak yang berdekatan. Maka itu kita kaji dengan betul, dengan kemungkinan ada pergerakan di bawah tanah,” ucapnya.

Selain gangguan pada pipa lama, diakui ada juga pipa HDPE yang juga alami gangguan. Pihaknya pun mengkaji kebocoran secara menyeluruh.

Ia mencontohkan gangguan distribusi pada wilayah yang punya tekanan air cukup tinggi. Salah satunya di Pamoyanan.

Baca juga: PFI Bogor Rangkum Masa Penderitaan Sampai Kebangkitan Warga di Alun-alun Kota Bogor

“Dalam waktu sebulan bisa sampai tiga kali pecah pipa. Dari yang kita lihat di lapangan, itu disebabkan Waterhammer atau ada udara yang terjebak dalam pipa. Alhasil tekanan yang tinggi bikin pipa bocor karena ada arus balik,” jelasnya.

Ia menegaskan, pada dasarnya Perumda Tirta Pakuan berkomitmen terhadap layanan kepada masyarakat. Ia pun meminta pelanggan untuk tidak sungkan dalam melayangkan kritik dan keluhan terkait pelayanan.

“Kamu terbuka, silahkan informasikan segala kritik. Kami siap memperbaiki setiap permaslahan di lapangan, salah satunya soal pengaliran,” ujarnya.

“Tapi memang semua butuh waktu dan proses, ya misalnya kebocoran pipa, butuh waktu untuk kajian dan perbaikan,” tukasnya.(ded)

Editor: Rany