25 radar bogor

Ini Alasan Utama Wisatawan Datang ke Kota Bogor

Kuliner Bogor
Kuliner Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Kota Bogor saat ini memang sudah pantas digelari sebagai kota wisata. Kota dengan luas wilayah 11.850 hektar ini selalu disibukkan dengan banyaknya kunjungan wisatawan setiap akhir pekan.

Turis yang berkunjung untuk plesiran di Kota Bogor datang dengan berbagai alasannya. Namun ternyata fashion bukan menjadi alasan utama mereka untuk datang.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Bogor, Ara Wiraswara menuturkan fashion tidak ada dalam tiga destinasi favorit wisatawan.

Dirinya menyebut berdasarkan sumber penerimaan pajak daerah alasan paling banyak wisatawan berkunjung ke Kota Bogor adalah mencari kuliner. Terlihat dari tingginya pajak restoran, cafe, dan rumah makan.

Baca juga: Kerap Terjadi Gangguan, Perumda Tirta Pakuan Fokus Perbaikan Distribusi Air

Posisi kedua alasan wisatawan berkunjung ke Kota Hujan ialah Kebun Raya Bogor (KRB). Kondisi ini tak mengherankan karena KRB memang sudah menjadi ikon sejak masa lampau. Hingga kini eksistensi KRB masih bertahan di hati para pengunjung.

Alasan ketiganya yaitu kegiatan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE). Ara menyebut, salah satu alasan wisatawan datang ke kotanya juga faktor banyaknya kementerian atau daerah lain yang mengadakan acara kemudian menginap dan belanja.

“Destinasi yang lain relatif kecil. Namun sekecil apapun punya perannya tersendiri. Misalnya karena event musik, sport tourism,” tuturnya kepada Radar Bogor pada Kamis (15/9).

Saat ditanya soal besaran wisatawan yang berkunjung karena fashion dan mendatangi factory outlet (FO) Ara mengatakan dirinya tidak mengetahui secara jelas. “Kalau terkait FO kita belum punya data khususnya,” ujarnya.

Namun dirinya mengatakan akan memanfaatkan setiap kesempatan yang dimiliki Kota Bogor untuk mendatangkan banyak wisatawan. “Kalau ada peluang bagus pasti kita tempuh, karena wisata belanja merupakan sesuatu yang strategis juga di kota ini,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pariwisata Disparbud Kota Bogor, Ferry Firmansyah menjelaskan sebuah tempat dapat dikatakan sebagai destinasi wisata ialah saat tempat tersebut menjadi tujuan utama para wisatawan berkunjung. “Kalau sengaja datang namanya destinasi tapi kalau hanya mampir disebut amenities atau penunjang,” jelasnya.

Sejauh pengamatannya tempat-tempat yang menjadi destinasi utama di Kota Bogor yakni Kebun Raya Bogor, wisata rekreasi, serta wisata kuliner.

“Untuk factory outlet bisa dikatakan destinasi atau tidak perlu ada pengkajian terlebih dahulu,” ucapnya. (cr1)

Editor: Rany