Bima Arya Raih Lencana Darma Bakti, Disematkan Langsung Gubernur Jabar

Bima Arya
Wali Kota Bogor Bima Arya meraih tanda penghargaan lencana Darma Bakti dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka yang disematkan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 tingkat Jabar di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (14/9/2022).

BANDUNG-RADAR BOGOR, Wali Kota Bogor Bima Arya meraih tanda penghargaan lencana Darma Bakti dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

Baca Juga : Awasi Penyalur BPNT, Dinsos Kota Bogor Bina Ratusan Agen dan E-Warung

Lencana tersebut disematkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Bima Arya saat Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 tingkat Jabar di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (14/9/2022).

Lencana Darma Bakti yang diraih Bima Arya tertuang dalam keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 175 tahun 2012. Lencana tersebut menandai seseorang yang telah memberikan jasa dan pengabdian yang besar dan dinilai bermanfaat bagi perkembangan Gerakan Pramuka dan gerakan kepramukaan di dunia.

Bima Arya yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kota Bogor ini menyebut, bahwa Gerakan Pramuka adalah gerakan untuk membangun karakter, kompetensi dan kepedulian. Untuk itu, dirinya mengajak anggota Pramuka untuk makin peduli terhadap isu lingkungan.

“Saya mengajak Pramuka menjadi garda terdepan dalam menjaga lingkungan, mengelola sampah, mencegah efek rumah kaca, mengelola sampah mulai dari rumah masing-masing sambil terus melakukan inovasi bagi lingkungan ke depan,” ungkap Bima Arya.

Bima menambahkan, anak muda yang ikut Pramuka bukan hanya sekedar mengisi waktu, tetapi untuk menyiapkan para anggotanya untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa kini dan masa depan. Sebab, karakter anggota pramuka di atas rata-rata dari generasi muda lainnya.

Hal tersebut diamini oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Dalam sambutannya Kang Emil menilai, apabila tidak ada Gerakan Pramuka kemungkinan masa depan bangsa akan semrawut. Untuk itu ia berharap lewat Gerakan Pramuka bisa melahirkan generasi muda yang cinta pada negara.

“Tanpa Gerakan Pramuka, saya tidak melihat yang bisa jadi benteng di level anak-anak seusia mereka untuk cinta pada negara, sesama, etos kedisiplinan, dan semangat berbagi. Pramuka ini luar biasa,” ujar Kang Emil.

Maka dari itu, Kang Emil berharap Gerakan Pramuka menjadi solusi dalam menghadapi gempuran disrupsi yang sedang menggerogoti dunia.

“Di tengah gempuran, guncangan, dan begitu banyaknya godaan melalui teknologi yang memengaruhi siapa kita, Gerakan Pramuka menjadi oasis, bahwa kita masih mempunyai wadah generasi muda agar hidupnya bermanfaat,” harapnya.

Baca Juga : PTM 100 Persen, Bima Arya Tinjau KBM di Sekolah 

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Bachtiar Utomo, dan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jabar Atalia Praratya.

Selain Bima Arya, ada nama Putri dari DKC Kwarcab Kota Bogor yang meraih Lencana Pramuka Teladan. Lalu ada Andra peserta Jambore Nasional yang meraih Piagam Penghargaan MC Terkece. (Prokompim)

Editor : Yosep

Berita Lainnya