25 radar bogor

Tim Kreatif Puskesmas Puraseda Dukung Program Kesehatan Secara Efisien

Puskesmas Puraseda
Kegiatan Puskesmas Puraseda

BOGOR-RADAR BOGOR, Program kesehatan di Puskesmas Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor senantiasa menyesuaikan dengan status qua yang ada agar dapat dilaksanakan sesuai yang tujuan dan menarik masyarakat.

Baca Juga : Puluhan Warga Test HIV di Puskesmas Citeureup, Sebagian Waria. Ini Hasilnya! 

Harapannya, program kesehatan yang sering dilakukan dahulu dengan kesan formal, kaku dan terkadang membuat peserta bosan dikarenakan menunggu atau minimnya varian aktivitas yang dapat dilihat dan di lakukan.

“TIM Kreatif PO (Programs Organizer) merupakan salah satu inovasi tata kelola pemerintahan milik Puskesmas Puraseda yang berguna mendukung pelaksanaan program kesehatan untuk masyarakat menjadi lebih efisien dan menarik khsusunya bagi peserta yang terlibat,” ujar Arief Sudrajat, Kepala Puskesmas Puraseda.

Tim Kreatif PO berisikan kelompok individu pemegang program kesehatan Puskesmas yang berperan sebagai penyelenggara suatu program kesehatan, sehingga bukan hanya individu dominan yang berperan dalam suatu kegiatan.

Sebagaimana yang diketahui di puskesmas terdapat program Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Esensial dan Pengembangan. Program UKM esensial meliputi promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, pelayanan KIA & KB, gizi, serta pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P). Juga teredapat program pengembangan dari program esensial seperti UKS, PKPR, Lansia, Perkesmas dll.

Dewasa ini semakin berkembangnya ilmu pengetahuan mengnai kebijakan kesehatan dalam menangani masalah kesehatan banyak tuntutan (tanggungjawab) kegiatan atau program yang harus digalakkan untuk memenuhi standar pelayanan.

Disisi lain jumlah tenaga kerja yang dimiliki oleh Puskesmas Puraseda tidak banyak sehinnga ada beberapa staf yang memiliki lebih dari satu program dan ada juga yang terlibat dalam Upaya Pelayanan Peroragang (UKP) di dalam Gedung.

Baca Juga : Stok Kosong, Puskesmas Sukamakmur Tak Bisa Melayani Vaksinasi Booster 

Hal demikian membuat pelaksanaan kegiatan program kesehatan untuk masyarakat menjadi berisiko untuk terbengkalai atau tidak sesuai ekspetasi, dan kami percaya hal ini tidak hanya dialami oleh Puskesmas Puraseda.

Dengan adanya Tim kreatif PO Puskesmas Puraseda harapannya tidak ada lagi individu yang dominan dalam melaksanakan suatu program kesgiatan. Semua bekerja sama saling membantu dan mendukung satu sama lain. Sehingga bukan hanya satu program kesehatansaja yang di laksanakan tetapi setiap program dapat embil kesempatan untuk tampil dan mengerjakan tanggungjwabnya. (*/adv)

Editor : Yosep