25 radar bogor

Samisade Cair di Tengah Kenaikan BBM, Camat : Perlu Perhitungan Ulang

Samisade
Persiapan acara saba desa sekaligus pencairan Samisade 2022 di Kecamatan Tamansari.

TAMANSARI-RADAR BOGOR, Samisade Tahun anggaran 2022 ipastikan cair September 2022. Namun demikian, cairnya Samisade ini dengan kenaikan harga BBM. Hal ini menjadi pekerjaan tambahan bagi pemerintah desa dalam melakukan realisasi.

Baca Juga : Dituding Jegal Samisade, Rudy Susmanto : Sangat Tidak Berdasar

Pasalnya, RAB Samisade tahun anggaran 2022 ini sudah disusun pemerintah desa sejak 2021 sebelum kenaikan harga BBM. Untuk itu perhitungan ulang perlu dilakukan agar anggaran Samisade TA 2022 ini bisa mencukupi.

“Jadi kan ini RAB sudah disusun sejak 2021. Nah, dengan kenaikan BBM ini tentunya ada penyesuaian. Itu melihat Satuan harga tertinggi (SHT),” kata Camat Tamansari Yudi kepada Radar Bogor Selasa (13/9/2022).

Yudi memaparkan, selama tidak melebihi SHT tidak ada perubahan yang signifikan, tetapi apabila ditemukan kesulitan dalam realisasi pastinya, akan dilakukan penyesuaian. Tentunya memenuhi persyaratan yang berlaku.

“Kalau memang melebihi SHT, kemungkinannya ada pengurangan volume pembangunan. Karena uang tidak bertambah, tapi volume yang disesuaikan,” paparnya.

Sementara itu untuk di Kecamatan Tamansari, semua desa mendapatkan bantuan program Samisade TA 2022. “Ya, untuk di Kecamatan Tamansari semua desa dapat,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep