25 radar bogor

Internalisasi 21 Nilai Karakter Tauhid, Cara Unida Sambut Mahasiswa Baru

Internalisasi 21 Nilai Karakter Tauhid, Cara Unida Sambut Mahasiswa Baru

BOGOR-RADAR BOGORUniversitas Djuanda (Unida) Bogor menyelenggarakan upacara pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2022/2023 di Lapangan Bina Tauhid, Kampus Unida.

Mengangkat tema “Internalisasi 21 Nilai Karakter Tauhid untuk Mewujudkan Unida unggul”, kegiatan PKKMB atau TAARUF ini dilaksanakan dalam rangka mengikuti tahapan awal orientasi bagi mahasiswa baru yang akan diselenggarakan selama 3 hari kedepan, yakni dimulai dari tanggal 12 sampai dengan 14 September 2022.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unida, Aal Lukman Hakim, dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan PKKMB merupakan kegiatan awal yang harus diikuti oleh mahasiswa baru dalam memasuki perguruan tinggi.

“Kami ucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru di Kampus bertauhid, tentu ini menjadi kebanggaan bagi kita semua dan kegiatan ini tidak akan terlaksana tanpa koordinasi yang baik antar panitia. Kepanitiaan melibatkan semua unsur pimpinan universitas baik dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, program PKKMB ini dimaksudkan untuk mempercepat adaptasi bagi mahasiswa baru dengan lingkungan Kampus Bertauhid Unida. Selama 3 hari kedepan akan diisi materi sesuai dengan pendoman dari Kementerian Pendidikan,” ungkapnya.

Baca juga: Prediksi Bayern Munchen vs Barcelona, Trauma Skor 8-2

Acara PKKMB resmi dibuka oleh Rektor Unida Prof. Dr. Suhaidi secara simbolis dengan melepaskan balon sesuai warna-warna fakultas yang ada di Unida.

“Dari kegiatan PKKMB ini mahasiswa diharapkan dapat beradaptasi dengan lingkungan belajar agar proses pembelajaran berlangsung dalam atmosfer akademik yang kondusif, mudah memahami makna program studi yang dipilih sehingga dapat melakukan akselerasi pemahaman kompetensi capaian pembelajaran lulusan, dan cepat beradaptasi memahami makna lembaga kemahasiswaan seperti BEM, UKM dan Himpunan Profesi yang akan dimasukinya guna mengembangkan minat, bakat dan profesinya,” imbuh Prof. Dr. Suhaidi.

Selain itu dalam arahannya Rektor Unida Prof. Dr. Suhaidi menuturkan bahwa sesuai tema PKKMB Unida tahun 2022 ini diharapkan bagi mahasiswa baru dapat menjadi titik awal dalam pembinaan karakter jati diri mahasiswa Unida sesuai dengan 21 Nilai Karakter Tauhid.

Terdiri dari Local Wisdom (Cageur, Bageur, Bener, Pinter dan Singer), National Wisdom (Nasionalitas, Integritas, Loyalitas, Respeksitas, dan Kapasitas) Global Wisdom (Awareness, Accountability, Participatory, Creativity, dan Adversity), serta Spiritual Wisdom (Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, dan Istiqomah) dengan akhlakul karimah sebagai sasaran (goals) yang akan dicapai.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI) Bambang Widjojanto, turut hadir memberikan motivasi kepada para mahasiswa baru. Bambang Widjojanto mengatakan, pesatnya perkembangan dan kemajuan teknologi, membawa dampak yang siginifkan khususnya dalam dunia pendidikan yang saat ini memberikan kesempatan terbuka bagi setiap orang untuk dapat belajar secara merdeka.

“Mahasiswa yang hadir berdiri disini untuk mewujudkan seluruh semangat dan cita-cita, anda termasuk 20 persen dari seluruh populasi Indonesia yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Kami di Universitas Djuanda tidak hanya ingin kalian memiliki kompetensi yang tinggi, kami juga menginginkan adab dan akhlak yang baik itu sebabnya Unida mempunyai tagline Kampus Bertauhid. Belajar itu bagian dari proses penting, anda telah mulai menuliskan sejarah hari ini dicatat 12 September 2022 awal anda menginjakkan kaki dan 4 tahun kemudian anda akan lulus, dan salah satu dari lulusan ini akan menjadi the next leader Indonesia, selamat datang orang-orang hebat yang hadir pada pagi hari ini,” pungkasnya.

Pada hari pertama ini, setelah kegiatan pembukaan acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para narasumber di Aula Gedung E & F Kampus Unida, beberapa pemateri diantaranya Chancellor Unida Martin Roestamy, Penasehat Pendidikan Tinggi YPSPIAI Prof. Dr. Uman Suherman, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Tauhid (BPPT) Unida Syamsudin Ali Nasution, serta Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Aal Lukmanul Hakim.

Chancellor Unida Martin Roestamy yang memaparkan materi tentang kehidupan berbangsa dan bernegara kontemplasi pancasila dalam tauhid. Dalam paparannya menyampaikan bahwa perjanjian kebangsaan dalam bentuk NKRI berdasarkan Pancasila dengan sila pertama menjiwai sila-sila lainnya yang menegaskan religiusitas dan ketauhidan.

“Universitas Djuanda Bogor adalah satu-satunya universitas yang memiliki tagline Kampus Bertauhid berkomitmen penuh guna membentuk manusia yang memiliki kecerdasan yang utuh dan menyeluruh untuk menggenggam dunia dan menggapai akhirat,” pungkasnya.

Sementara itu, pada paparan materi yang disampaikan oleh Prof. Uman Suherman berkenaan dengan Sukses Belajar di Unida, Sukses Masa Depan di Masyarakat mengemukakan bahwasanya terdapat 10 keterampilan utama masa kini yang perlu dimiliki oleh para genarasi muda. Diantaranya yakni, Complex Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, People Management, Coordinating with Other, Emotional Inteligent, Judgment and Decision Making, Service Orientation, Negotiation, dan Cognitive Flexibility.

“Dalam konteks keterkaitan mahasiswa dan masa depan, yaitu mahasiswa merupakan pemimpin masa depan, mahasiswa menjadi investasi masa depan, juga hal penting, kesuksesan masa depan bukan ditunggu, tetapi dicari dan diperjuangkan,” tegasnya. (ran)

Ediitor: Rany