25 radar bogor

FISIB Unpak Pilih Ciasmara Sebagai Desa Binaan Pelestarian Budaya

FISIB Unpak Pilih Ciasmara Sebagai Desa Binaan Pelestarian Budaya

CIBINONG-RADAR BOGOR, Lestarikan budaya lokal, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan (Unpak) memilih Desa Ciasmara, Pamijahan sebagai desa binaan.

Beberapa skema penelitian yang didukung oleh Pemkab Bogor akan dilakukan seperti rekayasa sosial, kearifan lokal, pelestarian kearifan-kearifan lokal, yang selanjutnya akan dikembangkan.

Dekan FISIB Unpak, Henny Suharyati mengatakan, pembinaan ini sebagai bentuk realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan komitmen pihaknya untuk terus mendukung pelestarian budaya.

“Bagaimana nanti ke depannya, desa wisata yang dibangun dan diunggulkan nantinya akan menyerap tenaga-tenaga mahasiswa untuk berkiprah serta dosen turut serta untuk meneliti,” jelasnya, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: FPK Kabupaten Bogor Diminta Segera Merapat

Menurutnya, pembinaan desa ini sebenarnya telah dilakukan oleh para dosen maupun mahasiswa Unpak melalui Progran Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

Banyak hal yang ingin diraih oleh FISIB Unpak salah satunya menjadikan suatu wilayah menjadi pusat budaya dan pariwisata.

“Tentunya dengan memiliki desa–desa binaan, terutama desa wisata, sehingga diharapkan FISIB bisa berkiprah di masyarakat sepenuhnya, jadi tidak separuh-separuh tetapi langsung semuanya itu bisa,” jelasnya

Sementara itu, Kepala Desa Ciasmara, Junaedi mengucapkan terimakasihnya kepada Unpak sebagai unsur akademisi dalam membangun desa. Menurutnya, dalam membangun sebuah desa, perlu kiranya mendapat dukungan dari semua elemen.(cok)

Editor: Rany