25 radar bogor

Gelar Workshop Konten Kreatif, Ini Sasaran yang Ingin Dicapai Perpusnas

Salah satu aksi yang dilakukan pelaku literasi di daerah. (Tangkapan layar Youtube)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Literasi adalah hal yang sangat esensi bagi kemajuan bangsa dan kemajuan individu. Seluruh bangsa menyepakati bahwa budaya literasi dapat mengantarkan sebuah negara menjadi berperadaban.

Baca juga : Perpusnas Gandeng TNI, Energi Baru Siapkan Sumber Literasi Untuk Masyarakat

Budaya literasi semakian strategis dalam menjawab permasalahan bangsa. Masyarakat literat sangat berkorelasi dengan kualitas manusia itu sendiri. Sehingga dipandang perlu mewujudkan ekosistem kolektif masyarakat berpengetahuan.

Di sisi lain disrupsi teknologi informasi tidak dapat dihindari. Semakin cepatnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi khususnya internet merupakan tantangan sekaligus peluang bagi perpustakaan khususnya Perpustakaan Nasional dalam meningkatkan layanan guna menumbuhkan budaya literasi.

“Tantangannya, bagaimana perpustakaan tetap eksis mengambil peran dalam meningkatkan literasi masyarakat di era digital saat ini. Platform digital menjadi ruang tak terbatas bagi masyarakat untuk berperan dalam pembudayaan kegemaran membaca dan literasi,” imbuh Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Adin Bondan, pada keterangan rilisnya, Senin, (12/9/2022).

Kreativitas generasi muda dalam melahirkan berbagai konten kreatif di platform digital menjadi harapan baru untuk membudayakan kegemaran membaca dan literasi, khususnya melalui berbagai karya berbasis konten lokal. Salah satu platform yang perlu dimanfaatkan secara maksimal adalah YouTube.

YouTube adalah salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di dunia, termasuk di Indonesia. Saat ini banyak muncul orang-orang yang mengunggah kegiatannya ke situs YouTube, Instagram, TikTok, dan sebagainya.

Baca Juga : Perpustakaan Bergerak, Solusi Atasi Keterbatasan Akses Literasi

“Kegiatan berupa aktivitas sehari-hari, talk show/diskusi, tutorial, hingga reviu produk tertentu, semua dibuat menjadi konten menarik untuk ditonton, dan kita menyebutnya sebagai konten kreatif,” tambah Adin.

Workshop Konten Kreatif Nusantara Berbasis Konten Lokal 2022 merupakan program Perpusnas untuk menemukan dan melahirkan para pembuat konten kreatif yang mampu mengangkat ilmu-ilmu terapan berbasis konten lokal, sehingga pembudayaan kegemaran membaca dan literasi dari berbagai konten lokal dapat terus relevan di berbagai medium ruang digital.

Ada sejumlah tahapan kegiatan yang bisa diikuti para peserta melalui tautan https://pappbb.perpusnas.go.id/kontenkreatifnusantara. Nantinya, bagi peserta yang terpilih akan diberikan workshop dari para content creator. Perpusnas menyediakan hadiah terbaik bagi lima konten yang terpilih. (*)

 

Editor : Ruri Ariatullah